Advertisement

Puluhan Siswa SMK Dirgantara Putra Bangsa Jogja Ikut Bersiap Jadi Pemandu Wisata

Anisatul Umah
Minggu, 06 November 2022 - 17:17 WIB
Bhekti Suryani
Puluhan Siswa SMK Dirgantara Putra Bangsa Jogja Ikut Bersiap Jadi Pemandu Wisata Sebanyak 50 siswa SMK Dirgantara Putra Bangsa mengikuti uji kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk menjadi pemandu wisata - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Sebanyak 50 siswa SMK Dirgantara Putra Bangsa mengikuti uji kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk menjadi pemandu wisata. Uji kompetensi ini dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui Bidang Kelembagaan dan Sumber Daya.

Acara yang digelar, Sabtu (5/11/2022) dibuka langsung oleh Direktur Standardisasi Kompetensi Kemenparekraf, Titik Lestari dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo.

Guru Pendamping Bidang Usaha Perjalanan Wisata SMK Dirgantara Putra Bangsa, Asmar Hadi mengatakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal di bidang pemandu wisata menjadi salah satu faktor penting keberhasilan industri wisata.

"Berkat usaha keras siswa didukung ibu bapak guru, maka hasil uji kompetensi ini dari 50 peserta didik dinyatakan telah kompeten. Untuk mengembangkan sektor wisata tidak hanya tempat wisatanya yang menarik dan sarana prasarananya. Keberadaan pemandu wisata juga berperan penting," ungkapnya.

Dia menjelaskan, ini akan menjadi bekal bagi peserta didik agar mampu bersaing dengan orang asing. Selama ini ketertinggalan sektor pariwisata karena tidak ada sertifikat kompetensi yang membuat kualitas SDM semakin meningkat.

Indonesia memiliki banyak potensi wisata mulai dari wisata alam, budaya, religi, hingga kuliner. Semua potensi yang ada ini harus dimanfaatkan secara maksimal. "Keberadaan pemandu wisata berperan penting dalam memberikan layanan wisatawan yang sedang berkunjung," kata Asmar Hadi.

BACA JUGA: Sampel Autopsi Kakak-Beradik Korban Kanjuruhan Diperiksa Laboratorium Independen

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Sementara itu, Waka Kejuruan SMK Dirgantara Putra Bangsa Tunjung Putri Dwi Apsari menyampaikan ucapan terima kasih dan menyambut baik terselenggaranya uji kompetensi ini, yang diselenggarakan Kemenparekraf dengan tim penguji dari LSP Cakra Wisata Indonesia.

"Peserta didik kami dibekali dengan berbagai sertifikasi relevan pendukung profesi dan dunia kerja, serta sertifikasi yang sesuai dengan kompetensi keahlian lainnya, seperti ticketing and reservation, tour planning dan lainnya."

Menyadari belum maksimalnya kesiapan SDM di sektor pariwisata, SMK Putra Bangsa berupaya menghasilkan tenaga kerja berkualitas. Menyiapkan SDM yang unggul di sektor pariwisata menjadi tugas bersama.

"Sebagai sekolah yang berkualitas selain ditentukan melalui sistem yang kredibel, seleksi SDM yang memadai dan siap latih, adanya pengakuan sertifikasi, dan lembaga sertifikasi yang kredibel, juga harus link and match dengan dunia kerja, serta adanya pengakuan stakeholders." 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dubes AS Kritik KUHP Soal Zina: Bisa Pengaruhi Hubungan RI-AS

News
| Kamis, 08 Desember 2022, 04:27 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement