Advertisement

Parah! Sepanjang Ring Road Timur Banguntapan Jadi Tepat Pembuangan Sampah

Ujang Hasanudin
Jum'at, 11 November 2022 - 11:57 WIB
Bhekti Suryani
Parah! Sepanjang Ring Road Timur Banguntapan Jadi Tepat Pembuangan Sampah Warga dan aparat gabungan Kapanewon Banguntapan berjibaku membersihkan sampah di sepanjang pinggir Ring Road Timur, Jumat (11/11/2022). Sampah-sampah itu dibuang oleh warga yang tidak bertanggung jawab terhadpa lingkungan - Dok. Panewu Banguntapan

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Sejumlah warga dan aparat gabungan di Kapanewon Banguntapan melakukan aksi gropyok atau bersih-bersih sampah di sepanjang jalan Ring Road Timur dari depan Surya Global sampai simpang empat Kotagede. Hasilnya mendapatkan satu truk sampah yang dibawa langsung oleh petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan.

Panewu Banguntapan, I Nyoman Gunarsa mengatakan sepanjang Ring Road Timur yang masuk Kapanewon Banguntapan selama ini menjadi sasaran pembuangan sampah di pinggir jalan. Sebelumnya gropyok sampah juga di lakukan di simpang empat Ketandan dan menghasilkan tiga truk sampah. Kemudian empat hari lalu juga melakukan aksi yang sama di wilayah Kalurahan Banguntapan.

Advertisement

Lalu bersih-bersih sampah dilanjutkan ke selatan atau depan Surya Global sampai simpang empat Kotagede yang masuk dua kalurahan, yakni Kalurahan Baturetno dan Kalurahan Banguntapan. Gropyok sampah ini melibatkan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) pamong kalurahan, personel dari kapanewon, aparat dari kepolisian dan TNI, serta warga setempat.

“Kegiatan ini bagian dari mendukung program bupati Bantul bersih sampah 2025 atau Bantul Bersama. Ini aksi nyata dengan bersih-bersih sampah khususnya di lingkungan Banguntapan yang melibatkan masyarakat,” kata Nyoman, seusai geropyok sampah, Jumat (11/11/2022).

Nyoman mengatakan setelah bersih-bersih sampah, selanjutnya di lokasi rawan pembuangan sampah dipasangi banner atau spanduk larangan membuang sampah di tempat tersebut dan meminta masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Total ada 16 spanduk yang dipasang.

BACA JUGA: Crazy Rich di Kediri Kehilangan Rp11 Triliun, Masih Sisa Rp71 triliun?

Spanduk tersebut diakuinya merupakan bagian dari edukasi kepada masyarakat agar masyarakat menyadari untuk tidak membuang sampah sembarangan. Selain gropyok sampah pihaknya akan bekerjasama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk melakukan operasi tangkap tangan (OTT) pembuang sampah sembarangan di wilayah Banguntapan, khususnya lokasi-lokasi yang rawan jadi tempat pembuangan sampah terutama sepanjang Ring Road Timur.

“Ke depan akan komprehensifkan tim linmas bersama Satpol PP kita akan lakukan rencana OTT. Hari ini lakukan aksi berikutnya sepakati dua lurah kita akan lakukan penegakan hukum terhadap pembuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Lebih lanjut Nyoman mengatakan setiap jumat pihaknya bersama sejumlah elemen akan terus berupaya melakukan bersih-bersih sampah di wilayah Banguntapan. Selain itu juga mengedukasi masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya. Kemudian tahap terakhir jika masih ditemukan ada yang ngeyel dengan tetap membuang sampah sembarangan akan dilakukan penegakkan hukum. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 12 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Respons Serangan Israel, Iran Aktifkan Pertahanan Udara dan Tangguhkan Penerbangan Sipil

News
| Jum'at, 19 April 2024, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement