Advertisement

Sendratari Sang Hanoman, Menambah Alternatif Atraksi Wisata Malam di Malioboro

Yosef Leon
Kamis, 17 November 2022 - 12:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sendratari Sang Hanoman, Menambah Alternatif Atraksi Wisata Malam di Malioboro Penampilan sendratari Sang Hanoman yang menambah alternatif atraksi wisata Malioboro di malam hari yang diselenggarakan pada Rabu (16/11/2022) di lantai 3 Hamzah Batik. - Harian Jogja/Yosef Leon Pinsker

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Maraknya kegiatan seni dan budaya yang diinisiasi oleh masyarakat di seputaran Malioboro kian menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat itu di malam hari. Salah satu event yang kerap menyedot perhatian pengunjung adalah pertunjukan sendratari Sang Hanoman yang diselenggarakan Rabu (16/11/2022) malam di lantai 3 Hamzah Batik. 

Gelaran ini menampilkan sajian cerita legenda kera putih bernama Hanoman yang berupaya menyelamatkan Rama dan Shinta dari Rahwana. Cerita Sendratari Sang Hanoman diadopsi dari cerita wewayangan atau epos Ramayana dan lebih dikenal dengan judul Ramayana. Pertunjukan drama musikal ini semakin menarik karena dikemas dengan tata panggung, efek cahaya, dan backsound yang apik.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Saya memang suka seni tradisional yang dibalut dengan penampilan sedikit modern. Memang sering menyaksikan kalau liburan ke Jogja," kata Arwin, wisatawan asal Jakarta. 

Menurutnya, cerita legenda yang dipunyai Indonesia sangat beragam dan masing-masing punya karakter unik serta nilai moral yang penting untuk disaksikan. Selain sebagai sarana hiburan, menonton sendratari dengan mengambil latar belakang cerita legenda disebutnya menjadi salah satu upaya dalam memelihara kearifan luhur budaya. 

Baca juga: Sultan Mengaku Diiming-imingi Miliaran untuk Salahgunakan Tanah Kas Desa

"Karena judulnya Hanoman, mungkin orang akan lebih fokus pada sosok dan karakter yang ditampilkan Hanoman saat dipanggung. Namun ada banyak hal lain yang bisa dilihat dari tokoh-tokoh yang ikut serta. Intinya tetap menarik dan relevan dengan keadaan saat ini," katanya. 

Pengelola sendratari Sang Hanoman, Vicky Pratama mengatakan, pertunjukkan ini menjadi ikon budaya dan suguhan atraksi alternatif bagi pengunjung yang berlibur ke Malioboro. Semua tokoh yang tampil dalam sendratari itu juga merupakan para karyawan setempat. "Kita tampilkan setiap Rabu pekan pertama dan ketiga mulai pukul 19.00 - 20.30 WIB, di panggung spektakuler Hamzah Batik lantai 3," jelasnya.

Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati sajian kuliner yang lengkap untuk menemani menonton pertunjukan. Konsepnya ditampilkan dengan nuansa tradisional Jawa. "Selain menu-menu tradisional kita juga tawarkan menu western food. Karena memang selain wisatawan lokal, juga cukup banyak wisatawan mancanegara yang biasa berkunjung ke sini," pungkas dia. 

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mahasiswa UGM Sukses Gelar Gerakan Cinta Lingkungan dan Sadar Konservasi di Desa Wisata Nglanggeran

News
| Senin, 05 Desember 2022, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement