Advertisement

Denhanud 474 Kopasgat Pastikan Kesiapan Penanggulangan Bencana

Lugas Subarkah
Minggu, 27 November 2022 - 01:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Denhanud 474 Kopasgat Pastikan Kesiapan Penanggulangan Bencana Komandan Denhanud 474 Kopasgat, Letkol Pas Agung Setyo Yuniarto, memeriksa kesiapan sarana-prasarana dalam Apel Gelar Penanggulangan Bencana, Jumat (25/11/2022) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Menghadapi berbagai potensi bencana di musim penghujan, Denhanud 474 Kopasgat menggelar Apel Gelar Penanggulangan Bencana, di lapangan Apel Denhanud 474 Kopasgat, Jumat (25/11/2022).

Komandan Denhanud 474 Kopasgat, Letkol Pas Agung Setyo Yuniarto, menjelaskan apel ini untuk memastikan kesiapan para prajurit dalam mengantisipasi fenomena perubahan cuaca yang berpotensi mengakibatkan terjadinya bencana di wilayah DIY.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Sehingga kami siap untuk ikut dalam penanggulangan bencana tersebut. Kami siapkan alkap kami, dapur lapangan, tim kesehatan, SAR yang terdiri dari SAR darat dan SAR laut, peralatan pendukung diantaranya kendaraan untuk mobilitas dan sarana komunikasi,” ujarnya.

Dalam upaya tersebut, Denhanud 474 Kopasgat melibatkan personel berkekuatan satu detasemen yang dibagi-bagi dalam beberapa pos. “Kalau itu bencana terjadi di darat kami siapkan evakuasi, dapur umum dan juga tim kesehatan,” kata dia.

Baca juga: Update Gempa Cianjur, 310 Orang Meninggal Dunia, 24 Hilang

Adapun potensi bencana yang perlu diwaspadai saat ini diantaranya gempa, bencana hidrometeorologi dan juga erupsi Gunung Merapi. “Kami standby Merapi, karena mungkin ada perubahan musim, cuaca, sehingga perubahan arah lava dan sebagainya,” ungkapnya.

Ia berpesan kepada seluruh prajurit agar dapat memelihara dan menjaga sarana-prasarana yang telah disiapkan untuk penanggulangan bencana ini agar selalu dalam kondisi prima ketika dalam situasi darurat harus digunakan.

“Kita siap kapan pun, dimana pun untuk digerakkan. Apabila terjadi perubahan dinamika, harapan saya para prajurit yang telah disiapkan dalam apel ini, semuanya harapannya bisa kita mobilisasi sesuai tugas dan fungsinya,” uajrnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Keluarga Mahasiswa UI Korban Kecelakaan Laporkan Polres Jaksel ke Ombudsman

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement