Advertisement

Tim DRTPM Adakan Workshop Literasi Keuangan untuk Pengelola Edu-Eko Wisata Ngunan-unan

Media Digital
Selasa, 29 November 2022 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
Tim DRTPM Adakan Workshop Literasi Keuangan untuk Pengelola Edu-Eko Wisata Ngunan-unan Tim pengabdi dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta melakukan pendampingan kepada komponen pengelola Wisata Ngunan-unan, Srigading, Kapanewon Sanden, Bantul untuk mengembangkan wisata edukasi berbasis alam di dusun setempat, dengan nama Edu-Eko Wisata Narendra. - Istimewa

Advertisement

BANTUL–Tim pengabdi dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta melakukan pendampingan kepada komponen pengelola Wisata Ngunan-unan, Srigading, Kapanewon Sanden, Bantul untuk mengembangkan wisata edukasi berbasis alam di dusun setempat, dengan nama “Edu-Eko Wisata Narendra”

Tim pengabdi terdiri dari 4 dosen dari program studi yang berbeda di Universitas Ahmad Dahlan, yaitu Dr. Dini Yuniarti S.E., M.Si., CIQnR (Ekonomi Pembangunan), Marsudi Endang Sri Rejeki S.E., M.M, (Bisnis Jasa Makanan),  Utaminingsih Linarti S.T., M.T (Teknik Industri), dan Aditya Rechandy Christian S.E., M.M, (Manajemen). Pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan implementasi dari program hibah yang didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM) Kemdikbudristek.

Advertisement

BACA JUGA:  Simak! Ini Barang Paling Laris saat Ramadan-Lebaran versi Tokopedia

Berdasarkan diskusi dengan mitra salah satu hal yang perlu ditingkatkan adalah pengelolaan keuangan untuk kegiatan Dusun Edu Ekowisata. Untuk itu  pada tanggal 27 November 2022 tim DRTPM telah melakukan workshop mengenai sistem pencatatan keuangan usaha dengan narsumber Marsudi Endang Sri Rejeki S.E., M.M. Tujuan lainnya dari workshop ini adalah agar meningkatkan kemampuan mitra dalam melakukan keterampilan mengelola wisata edukasi Narendra agar memiliki daya saing dan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat disekitarnya.

Pelatihan ini di hadiri oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Mugi Rahayu, Kelompok Tani Ngudi Rezeki, Gejok Lesung Candra Wirama, Kelompok Bumi Ijo, dan Pa’boleetos sertapelaku kepariwisataan lainnya yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak dalam mendukung terciptanya iklim kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan.

Pelatihan administrasi keuangan diawali dengan pengenalan akuntansi dan pentingnya penerapan akuntansi pada organisasi. Akuntansi merupakan proses kegiatan yang menghasilkan luaran sebuah informasi keuangan. Dalam pemaparannya, dijelaskan bahwa dengan sistem pencatatan administrasi keuangan dan pelatihan tata laksana pengelola objek wisata yang baik maka akan menciptakan pengalaman yang edukatif juga bagi wisatawan.

Selain menjadi bagian dari transparansi, pencatatan transaksi keuangan penting dilakukan agar organisasi dapat mengetahui posisi objek wisata dari segi keuangan sehingga dapat melakukan proses perencanaan program yang lebih efektif dan efisien. Laporan keuangan juga dapat dijadikan bahan evaluasi program yang sudah dilakukan oleh organisasi pengelola.

Khusus tim Edu-Eko Wisata Ngunan-unan, laporan keuangan menjadi sangat vital posisinya karena pada dasarnya tim Edu-Eko Wisata merupakan organisasi swadaya dan swakarsa, keanggotaannya bersifat sukarela, sehingga dalam melakukan pengembangan sebuah obyek wisata, tim tersebut diharapkan mampu mencari sumber pendanaan secara mandiri. (ADV)

 

BACA JUGA:  Laptop Harga 6 Jutaan Terbaik, Mulai Axioo Mybook Hingga Acer Aspire

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Disindir Anies Soal Lari Pagi dan Adu Gagasan, Ini Jawaban Menohok Ganjar

News
| Minggu, 28 Mei 2023, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Kuliner Unik, Restoran Ini Sajikan Ramen dengan Kutu Laut Raksasa

Wisata
| Jum'at, 26 Mei 2023, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement