Advertisement

UPN Veteran Yogyakarta Jajaki Kerja Sama Sektor Pertanian dengan Oxford University

Anisatul Umah
Senin, 12 Desember 2022 - 16:37 WIB
Arief Junianto
UPN Veteran Yogyakarta Jajaki Kerja Sama Sektor Pertanian dengan Oxford University Ilustrasi. - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — UPN Veteran Yogyakarta (UPNVY) menjajaki kerja sama dengan Oxford University.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Bahasa dan Kantor Urusan Internasional UPNVY, Rukmowati Brotodjojo mengatakan kerja sama ini khususnya menyasar program yang ada di Fakultas Pertanian.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Inisiasi kerja sama dibuka saat Rukmowati berkunjung ke Oxford University, United Kingdom. Melalui kunjungan ini serangkaian pertemuan digelar sejak 8-18 November 2022. Salah satunya dengan Owen Lewis Profesor Ekologi.

"Kami membahas potensi-potensi kerja sama yang bisa UPNVY lakukan bersama dengan Oxford University ke depannya," ujar dia, Senin (12/12/2022).

Dalam kunjungan tersebut, Rukmowati berkesempatan mengenalkan Laboratorium Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian UPNVY kepada Owen. Juga dilakukan diskusi tentang kegiatan penelitian di pertemuan Community Ecology Laboratorium Oxford University.

BACA JUGA: Hingga November, Kunjungan Wisatawan ke Sleman Tembus 6 Juta

Menurutnya, kerja sama yang mungkin dilakukan yakni di bidang  penelitian dan publikasi. Ke depan tamu atau mahasiswa-mahasiswi UPNVY dan Oxford University bisa mengadakan riset bersama dengan berbagai sistem pendanaan, termasuk pengumpulan dana oleh masing-masing pihak.

Penelitian bersama ini, kata Rukmowati, menjadi langkah dalam rangka pengembangan kualitas pendidikan serta transfer ilmu dari masing-masing keahlian.

"Kami juga akan mengundang mahasiswa-mahasiswi Community Ecology Laboratorium, Oxford University untuk mengunjungi hutan di sekitar DIY untuk studi lapangan. Begitu pun sebaliknya, tidak menutup kemungkinan dosen serta mahasiswa dan mahasiswi UPNVY berkunjung ke Oxford University."

Lebih lanjut dia mengatakan, inisiasi kerja sama ini menjadi langkah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan menambah mitra universitas yang masuk dalam ranking QS 100. Melalui hubungan yang saling menguntungkan ini bisa memberikan kesempatan lebih luas lagi bagi dosen UPNVY terkait aktivitas internasionalnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pesawat Susi Air Dibakar di Papua, Pilot dan Penumpang Hilang

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Ikuti Post-tour ATF, Banyak Peserta Terkesan dengan Objek Wisata DIY

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement