Advertisement

Hujan di Merapi, Sejumlah Truk Tambang Terjebak Lahar di Kali Bebeng

Lugas Subarkah
Jum'at, 16 Desember 2022 - 13:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Hujan di Merapi, Sejumlah Truk Tambang Terjebak Lahar di Kali Bebeng Satu truk yang masih dalam proses evakuasi di Kali Bebeng, Jumat (16/12/2022) pagi. - ist BPBD Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Hujan deras yang mengguyur Sleman termasuk di sekitar Gunung Merapi Kamis (15/12/2022) sore mengakibatkan munculnya lahar hujan di sungai-sungai yang berhulu di Merapi. Sejumlah truk penambang pasir di Kali Bebeng terjebak lahar hujan itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Makwan, menjelaskan hingga Jumat (16/12/2022) pagi masih dilakukan proses evakuasi. “Satu armada R6 truk merah dalam proses evakuasi pagi ini,” ujarnya.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Lahar hujan diketahui terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Total ada sebanyak dua truk dan satu motor yang terjebak lahar hujan di kali Bebeng, Cangkringan. Satu truk dan sebuah motor berhasil dievakuasi pada Kamis (15/12/2022) sore.

Baca juga: Bawaslu RI Temukan 99 Dugaan Pelanggaraan pada Pendaftaran & Verifikasi Parpol

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Bambang Kuntoro, mengatakan dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa karena sopir sempat menyelamatkan diri. “Kalau dari videonya satu meteran lah, satu ban [banjir lahar]. Sempat kintir tidak bisa dikendalikan,” katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat khususnya penambang di sekitar Merapi agar selalu waspada karena Sleman akan memasuki puncak musim hujan. “Puncak curah hujan masih Januari-Februari. Penambang tetap hati-hati, jangan ngeyel. Di bawah nggak hujan, di puncak hujan, menimbulkan seperti ini,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement