Advertisement

Ada Hujan Angin! Pengelola Hutan Pinus Mangunan Tutup Kawasan dan Pulangkan Wisatawan

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 18 Desember 2022 - 19:17 WIB
Jumali
Ada Hujan Angin! Pengelola Hutan Pinus Mangunan Tutup Kawasan dan Pulangkan Wisatawan Wisatawan berkunjung ke Pinus Sari Mangunan, Selasa (3/5/2022). - Anisatul Umah/Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pengelola Hutan Pinus Mangunan akan melakukan tindakan preventif, berupa menutup kawasan dan memulangkan para wisatawan saat terjadi hujan lebat disertai angin kencang saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

BACA JUGA: Pengunjung Hutan Pinus Mangunan Mulai Meningkat

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Kalau hujan angin, seluruh pengunjung atau wisatawan akan kami suruh keluar tak terkecuali. Itu pencegahan saja soalnya kan wisatanya ada di bawah pohon,” kata Kepala Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan, Sukir, Sabtu, (17/12/2022).

Selain itu, Sukir memastikan pengunjung yang baru saja datang tidak akan dilayani untuk pembelian tiket masuk. Selain itu, apabila terdapat pohon pinus yang terindikasi terdapat patahan kendati belum jatuh, pengelola bersama Koperasi Notowono, dan kepolisian akan memotongnya lalu menumpuk potongan pohon tersebut di tempat tertentu.

“Batang yang sudah kering dan lapuk kami eksekusi bersama. Kami video dan foto lalu laporkan dulu situasi dan kondisinya baru kami eksekusi,” ucapnya.

Dengan demikian, Sukir memastikan pohon-pohon tersebuttelah aman dan tidak akan tiba-tiba roboh. Ketua Koperasi Notowono, Purwo Harsono, mengatakan akan meningkatkan pengamanan jalan dan mengingatkan jalur yang aman.

“Kami akan menempel stiker ke bus-bus agar mereka ingat untuk oper gigi menyesuaikan kondisi dan situasi jalan,” kata pria yang akrab dipanggil Ipung ini.

Selain itu, perbaikan jalan yang rusak di kawasan hutan pinus Mangunan terus dilakukan secara swadaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bappenas Apresiasi Ganjar Pranowo terkait Penyusunan RPD dan RKPD

News
| Sabtu, 04 Februari 2023, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Kemegahan Desa Wisata Karangrejo Borobudur Menyimpan Kisah Menarik Bersama Ganjar

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement