Advertisement

Libur Akhir Tahun ke Pantai, Gelombang Laut di Gunungkidul Diprediksi Landai

David Kurniawan
Rabu, 21 Desember 2022 - 19:37 WIB
Bhekti Suryani
Libur Akhir Tahun ke Pantai, Gelombang Laut di Gunungkidul Diprediksi Landai Ilustrasi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDULGelombang air laut pada saat libur akhir tahun diprediksi landai. Meski demikian, wisatawan diminta tetap berhati-hati agar terhindar dari kecelakaan laut.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 2 di Pantai Baron, Marjono mengatakan, sudah mempersiapan personel guna menyambut libur natal dan tahun baru. Seluruh anggota SAR berjumlah 64 orang akan disiagakan secara penuh mulai 23 Desember hingga 2 Januari 2023.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Berjaga selama 24 jam. Nanti dibagi dalam beberapa pos,” kata Marjono, Rabu (21/12/2022).

Menurut dia, untuk kondisi gelombang diperkirakan landai. Adapun ketinggian masih di bawah 10 feet sehingga dirasa masih dalam batas aman.

“Nanti akan kami upadate terus perkembangannya dan disampaikan ke nelayan maupun pelaku wisata di kawasan pantai,” katanya.

Meski demikian, ia meminta kepada pengunjung tetap berhati-hati terkait dengan potensi musibah. Terlebih lagi, kondisi sekarang embusan angin relative lebih kencang dari biasanya.

“Jadi harus tetap waspada dan berhati-hati agar tidak menjadi korban kecelakaan laut,” katanya.

Menurut Marjono, untuk pengamanan menerjunkan armada operasi yang terdiri dari dua jetski, tiga ambulan dan tiga perahu jukung telah dicek dan semuanya dapat beroperasi dengan baik.

“Kami juga lakukan pengecekan terhadap tabung-tabung oksigen yang dimiliki. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan bisa dipergunakan memberikan pertolongan,” kata Marjono.

BACA JUGA: Anak di Sleman yang Diduga Jadi Korban Peluru Nyasar Kini Membaik

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Koordinator SAR Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 1, Sunu Handoko. Menurut dia, seluruh anggota berjumlah 35 personel akan disiagakan selama libur akhir tahun.

Dia menambahkan, persiapan tidak hanya dengan menyiagakan seluruh anggota SAR. Pasalnya, sebelum pelaksanaan pengamanan juga dilakukan pengecekan kendaraan operasional yang dimiliki.

“Kami ada lima ambulan, satu jetksi dan beberapa perahu jukung. Sudah kami cek dan kondisinya normal sehingga dapat diterjunkan untuk operasi pengamanan selama libur natal dan tahun baru,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement