Advertisement

Cegah Macet saat Libur Akhir Tahun, Polresta Tempatkan Personel di Sirip Malioboro

Yosef Leon
Jum'at, 23 Desember 2022 - 14:07 WIB
Arief Junianto
Cegah Macet saat Libur Akhir Tahun, Polresta Tempatkan Personel di Sirip Malioboro Beberapa orang sedang beraktivitas di kawasan Malioboro, Jogja. - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Sedikitnya 300-500 personel Polresta Jogja diterjunkan untuk mengamankan masa Natal dan Tahun Baru lewat Operasi Lilin yang berlangsung selama 11 hari mulai 23 Desember 2022 sampai dengan 2 Januari 2023.

Selain berjaga di empat pos fisik yang telah diletakkan di sejumlah titik, personel itu nantinya akan disiagakan di kawasan sirip-sirip dan penggal Jalan Malioboro untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Jogja, Kompol Chandra Lulus Widiantoro mengungkapkan mendekati masa Natal dan Tahun Baru kepadatan arus sudah mulai terlihat di beberapa titik Kota Jogja.

Lalu lintas kendaraan di wilayah perbatasan atau akses pintu masuk Jogja serta area pusat kota terpantau sudah mulai menunjukkan tren peningkatan. Terutama pula pada kawasan Tugu Malioboro dan Kraton yang kerap menjadi rujukan utama bagi wisatawan saat berlibur. 

"Misalnya di Titik Nol Kilometer, simpang Gondomanan, Tugu, Jalan Affandi atau perbatasan Gejayan itu sudah ramai lancar dan padat saat jam tertentu. Karena titik itu merupakan pintu masuk dari kendaraan roda empat atau angkutan umum semacam bus pariwisata," katanya, Jumat (23/12/2022). 

BACA JUGA: Berencana Liburan Akhir Tahun di Jogja, Begini Skenario Rekayasa Lalu Lintas

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan setempat dengan melakukan pemasangan rambu-rambu penunjuk arah sebagai panduan kepada wisatawan yang berkunjung. Khusus di sirip-sirip dan penggal jalan Malioboro akan ada petugas gabungan yang nantinya berpatroli mencegah munculnya parkir di bahu jalan serta potensi lain yang membuat lalu lintas semakin padat. 

"Selain pos Teteg kita nanti dari petugas gabungan akan ada patroli mobile yang disiagakan di setiap penggal dan sirip jalan Malioboro karena kan tidak ditutup ya dan mengalir saja, tentunya harus ada penjagaan supaya lebih fleksibel untuk menutup dan membuka arus kendaraan," ungkapnya. 

Kapolresta Jogja, Kombes Pol Idham Mahdi menyebut tiga pos pengamanan yang didirikan petugas berada di area Titik Nol Kilometer, Teteg Malioboro dan Tugu Pal Putih serta satu pos pelayanan yang bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk layanan informasi. Pihaknya juga telah melakukan sterilisasi di sejumlah rumah ibadah guna memastikan perayaan Natal dan Tahun Baru berjalan dengan aman. 

"Total ada 900 personel gabungan yang kami siapkan untuk pengamanan terutama pada malam pergantian tahun nanti. Antisipasi kerawan kita siapkan juga dan kepada masyarakat diimbau agar tidak memberikan ruang kepada pihak-pihak yang ingin memanfaatkan situasi pada masa libur panjang kali ini," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Daftar Lengkap Harga BBM di Pertamina, Shell, Vivo, dan BP AKR

News
| Senin, 06 Februari 2023, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement