Advertisement

PEMBANGUNAN SELATAN DIY: Gunungkidul Ajukan Danais untuk Perbaiki Jalan ke Pantai Ngobaran

David Kurniawan
Rabu, 28 Desember 2022 - 08:27 WIB
Sunartono
PEMBANGUNAN SELATAN DIY: Gunungkidul Ajukan Danais untuk Perbaiki Jalan ke Pantai Ngobaran Foto ilustrasi Pantai di Gunungkidul. Senin (7/11/2022) - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Pemkab Gunungkidul akan mengajukan penggunaan dana keistimewaan DIY untuk membangun jalan menuju destinai wisata Pantai Ngobaran yang merupakan kawasan selatan DIY. APBD murni Gunungkidul tak mampu menanggung beban tersebut karena tinggi anggaran yang dibutuhkan hingga mencapai puluhan miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Irawan Jatmiko mengatakan  kelanjutan pembangunan di jalur wisata Kepek, Saptosari menuju Pantai Ngobaran, ia mengakui belum bisa dilanjutkan di tahun depan. Menurutnya kemampuan anggaran masih sangat terbatas, sedang untuk menyelesaikan jalur tersebut membutuhkan anggaran sekitar Rp50 miliar.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Penyelesaian sedang kami ajukan melalui dana keistimewaan. Mudah-mudahan bisa disetujui sehingga di 2024 bisa terselesaikan,” katanya Selasa (27/12/2022).

Adapun di 2023 Gunungkidul mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik sebesar Rp15 miliar yang rencananya, pagu ini untuk memberpaiki dua jalan. Meski demikian, ia mengakui, penggunaan di 2023 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, pagu difokuskan untuk pembangunan di sektor kepariwisataan.

“Memang sudah ada pedomannya dan itu harus diikuti,” katanya, .

Menurut Irawan, pagu DAK fisik sebesar Rp15 miliar akan dipergunakan untuk mendukung pembangunan jalan pariwisata di Nglanggeran, Patuk. Adapun satu ruas lagi untuk perbaikan di ruas menuju destinasi wisata di Kalisuci di Kalurahan Pacarejo, Semanu.

“Sudah dipersiapkan dan akan dialokasikan untuk pembangunan di 2023,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement