Advertisement

PHRI DIY Sebut Wilayah Selatan DIY Perlu Berbenah untuk Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Stefani Yulindriani Ria S. R
Rabu, 04 Januari 2023 - 21:17 WIB
Budi Cahyana
PHRI DIY Sebut Wilayah Selatan DIY Perlu Berbenah untuk Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Pantai Parangtritis, Bantul, didatangi para wisatawan pada Jumat (1/4/2022). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY menyebut kawasan wisata di wilayah DIY selatan harus berbenah untuk menarik banyak wisatawan. 

Ketua Badan Pimpinan Daerah (BPD) PHRI DIY Deddy Pranowo mengatakan selama libur Natal dan tahun baru (nataru) tingkat hunian atau okupansi hotel di wilayah selatan DIY, yakni di Kabupaten Bantul, Kulonprogo, dan Gunungkidul cukup tinggi. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Daerah tersebut menjadi daerah incaran wisatawan saat ini. Terbukti saat nataru okupansi hotel bisa mencapai 95%, hotel baru di Gunungkidul yang berbintang mencapai 95%. Itu membuktikan pilihan wisatawan tidak hanya di wilayah tengah atau utara, tapi saat ini pilihan itu bisa menyebar,” katanya, Rabu (4/1/2023).

BACA JUGA: Banyak Warga Bantul Jadi Korban Perumahan Mangkrak, Begini Modusnya

Ia pun menilai ada peluang penambahan kamar di tiga daerah tersebut. Pada 2023 pun akan ada tiga hotel berbintang baru yang dibuka di Kulonprogo. 

Namun, Deddy mengatakan tiga daerah tersebut perlu berbenah untuk dapat menarik lebih banyak wisatawan.  “Infrastruktur jalan menjadi modal penting untuk dapat meningkatkan pendapatan daerah,” katanya.

Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul menyebut sepajang  2022 ada 2.728.016 orang yang berkunjung ke objek wisata di Kabupaten Bantul. Dari kunjungan tersebut, Kabupaten Bantul mendapatkan pendapatan asli daerah atau PAD mencapai Rp26,5 miliar dari target Rp32 miliar. Sementara, capaian PAD Kabupaten Kulonprogo melebihi target yakni mencapai Rp5,13 miliar dari target Rp5,12 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Penyebab Parahnya Gempa Bumi di Turki dan Suriah

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement