Advertisement

Tak Kuat Menanjak, Tronton Pembawa Backhoe Terguling di Tanjakan Sambeng Gunungkidul

David Kurniawan
Jum'at, 06 Januari 2023 - 16:22 WIB
Budi Cahyana
Tak Kuat Menanjak, Tronton Pembawa Backhoe Terguling di Tanjakan Sambeng Gunungkidul Tronton pengangkut backhoe yang terperosok di tanjakan Sambeng di Kalurahan Sambirejo, Ngawen, Jumat (6/1/2023). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Truk tronton pembawa backhoe tak kuat menanjak dan terguling di ruas jalan Cawas-Ngawen, tepatnya di Dusun Jentir, Sambirejo, Ngawen, Gunungkidul, Jumat (6/1/2023). Tidak ada korban dalam peristiwa ini. Sopir mengalami luka ringan.

Tronton bernomor polisi B 9823 CM yang dikemudikan Kusyadi, 53, dari Penjaringan, Jakarta Utara, melaju dari arah Cawas menuju Gunungkidul. Saat melewati Tanjakan Sambeng, tronton yang memuat backhoe ini tak kuat menanjak dan berjalan mundur. Tronton baru bisa berhenti setelah terperosok di pinggir jalan dengan kedalaman sekitar tiga meter. Baik sopir dan kenek dilaporkan selamat.

Advertisement

Kapolsek Ngawen AKP Suharjiyanto memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini karena sopir hanya mengalami luka ringan di bagian kaki. “Sopir hanya mengalami luka memar di bagian kaki. Kondisinya selamat,” katanya.

BACA JUGA: Dua Motor Tabrakan di Jalan Turi Sleman, Satu Pengendara Meninggal

Menurut Suharjiyanto, kecelakaan terjadi karena tronton tidak kuat menanjak di Tanjakan Sambeng lantaran beban yang dibawa terlalu berat. “Tronton sedang memuat backhoe. Kaca depan pecah dan pintu bagian kanan penyok,” katanya.

Dia mengungkapkan tronton yang terperosok langsung dievakuasi. “Kami membantu untuk mengatur lalu lintas sehingga di sekitar lokasi tetap lancar,” katanya.

Kepala Unit Penegakkan Hukum Terpadu Polres Gunungkidul Iptu Darmadi mengatakan kasus tersebut ditangani langsung oleh jajaran Polsek Ngawen.  Ia berharap perstiwa ini menjadi pembelajaran bersama sehingga kasus yang sama tidak terulang. Darmadi meminta kepada pengguna jalan rutin memeriksa kendaraan yang digunakan sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan.

“Selain mengecek kendaraan secara rutin, sopir kalau lelah lebih baik istirahat sejenak agar terhindar dari kecelakaan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement