Advertisement

Merapi Luncurkan Satu Guguran Lava

Lugas Subarkah
Senin, 09 Januari 2023 - 23:27 WIB
Budi Cahyana
Merapi Luncurkan Satu Guguran Lava Gunung Merapi - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Gunung Merapi masih erupsi hingga saat ini. Pada Senin (9/1/2023), teramati satu guguran lava meluncur dari puncak Merapi. Terjadi beberapa kegempaan tetapi tidak terlihat adanya awan panas.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Agus Budi Santosa, menuturkan guguran lava muncul pada periode pengamatan pukul 00.00-06.00 WIB. “Dengan jarak luncur 1200 meter ke arah barat daya,” ujarnya.

Advertisement

BACA JUGA: Sultan Minta Bangunan di Jalan Perwakilan Segera Dibuldoser

Di periode pengamatan yang sama, gunung terlihat jelas, asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi, 20-30 meter di atas puncak kawah. Tidak ada guguran lainnya yang teramati pada periode pengamatan ini.

Pada aktivitas kegempaan, terjadi sembilan gempa guguran, dua gempa fase banyak, tiga gempa vulkanik dangkal, 22 gempa vulkanik dalam dan satu gempa tektonik jauh. Berdasarkan pengamatan terakhir,  volume kubah barat daya sebesar 1.616.500 meter kubik, sedangkan untuk kubah tengah sebesar 2.772.000 meter kubik.

“Aktivitas vulkanik Merapi masih cukup tinggi berupa aktivitas erupsi efusif. Status aktivitas ditetapkan dalam tingkat Siaga. Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement