Advertisement

Merapi Luncurkan Satu Guguran Lava

Lugas Subarkah
Senin, 09 Januari 2023 - 23:27 WIB
Budi Cahyana
Merapi Luncurkan Satu Guguran Lava Gunung Merapi - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Gunung Merapi masih erupsi hingga saat ini. Pada Senin (9/1/2023), teramati satu guguran lava meluncur dari puncak Merapi. Terjadi beberapa kegempaan tetapi tidak terlihat adanya awan panas.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Agus Budi Santosa, menuturkan guguran lava muncul pada periode pengamatan pukul 00.00-06.00 WIB. “Dengan jarak luncur 1200 meter ke arah barat daya,” ujarnya.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA: Sultan Minta Bangunan di Jalan Perwakilan Segera Dibuldoser

Di periode pengamatan yang sama, gunung terlihat jelas, asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi, 20-30 meter di atas puncak kawah. Tidak ada guguran lainnya yang teramati pada periode pengamatan ini.

Pada aktivitas kegempaan, terjadi sembilan gempa guguran, dua gempa fase banyak, tiga gempa vulkanik dangkal, 22 gempa vulkanik dalam dan satu gempa tektonik jauh. Berdasarkan pengamatan terakhir,  volume kubah barat daya sebesar 1.616.500 meter kubik, sedangkan untuk kubah tengah sebesar 2.772.000 meter kubik.

“Aktivitas vulkanik Merapi masih cukup tinggi berupa aktivitas erupsi efusif. Status aktivitas ditetapkan dalam tingkat Siaga. Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Cara Pangeran Arab Saudi Nikmati Kekayaan

News
| Senin, 06 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement