Advertisement

Pasar Godean Segera Dirobohkan, Masih Ada Pedagang Tak Tempati Lokasi Transit

Anisatul Umah
Rabu, 11 Januari 2023 - 16:07 WIB
Arief Junianto
Pasar Godean Segera Dirobohkan, Masih Ada Pedagang Tak Tempati Lokasi Transit Pasar Godean, Sleman, Jumat (18/11/2022). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Sekitar 5% pedagang Pasar Godean tidak menempati lokasi transit selama masa revitalisasi. Ada beberapa alasan, mulai dari lokasi yang dianggap jauh dan faktor keamanan.

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman, Tina Hastani mencontohkan pedagang emas tidak menempati lokasi transit karena faktor keamanan. Ada juga pedagang yang punya toko lain selain di Pasar Godean.

Advertisement

"Alasan antara lain jauh, safety misalnya pedagang emas. Kurang lebih lima persen [tidak tempati lokasi transit]," ucapnya kepada Harianjogja.com, Rabu (11/1/2023).

Menurutnya ada juga pedagang yang mulanya tidak mendaftar untuk berjualan di lokasi transit akhirnya ikut menempati. Karena melihat meski di lokasi transit masih cukup ramai.

BACA JUGA: Seluruh Pedagang Pasar Godean Sudah Pindah ke Lokasi Transit

Berdasarkan jadwal, pasar akan dirobohkan pada 10 Januari 2023, dan selanjutnya pembangunan dimulai. "Untuk teknisnya yang tahu pemenang lelang demolish," kata dia.

Senada, Sekretaris Paguyuban Pedagang Pasar Godean (PPPG) Wawan Setiawan mengakui memang ada pedagang yang tidak menempati lokasi transit. Sejak awal, Disperindag memang memberikan opsi kepada pedagang untuk tidak menempati.

"Ketika relokasi merasa tidak nyaman dan sifatnya sangat sementara transit ya fasilitas sangat terbatas seperti itu pedagang yang tidak nyaman mau dapatkan kenyamanan tempat lain boleh," jelasnya.

Beberapa alasannya yakni soal keamanan, hingga pedagang yang merasa sudah tua dan memilih tidak jualan. "Yang pedagang emas tidak ambil karena alasan keamanan. [penjual] sepeda juga enggak di transit. Pedagang elektronik gak ikut sudah sewa sendiri, mungkin tempatnya lebih memadai," ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sempat Ditangkap, Jambret di Jaksel Kabur Pakai Mobil Patroli Polisi

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement