Advertisement

Wow! Wisata Gunung Api Nglanggeran Segera Punya Parkiran Seluas 7.000 Meter Persegi

David Kurniawan
Kamis, 12 Januari 2023 - 16:57 WIB
Arief Junianto
Wow! Wisata Gunung Api Nglanggeran Segera Punya Parkiran Seluas 7.000 Meter Persegi Salah satu sudut pengembangan kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, Gunungkidul — Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul bakal membangun tempat parkir yang representatif di kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran di Kapanewon Patuk. Di tahap pertama pembangunan dialokasikan anggaran Rp7,2 miliar.

Kepala Dispar Gunungkidul, Muhammad Arif Aldian mengatakan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran menjadi salah satu destinasi unggulan di Bumi Handayani. Hal ini dikarenakan keberadannya sudah diakui sebagai salah satu desa wisata terbaik di dunia.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Meski demikian, dia mengakui hingga sekarang kawasan tersebut belum memiliki tempat parkir yang memadai. Oleh karena itu, di tahun ini mulai dibangun yang lokasinya dekat dengan jalur alternatif Gunungkidul-Sleman di Dusun Tawang, Ngoro-oro, Patuk.

Aldian menjelaskan, untuk lahan tidak ada masalah karena tanah seluas 7.000 meter persegi telah dibebaskan. “Tahun ini mulai dibangun,” katanya, Kamis (12/1/2023).

BACA JUGA: Kapan Gunung Api Purba di Gunungkidul Aktif? Ini Perkiraannya

Menurut dia, pembangunan akan dilakukan secara bertahap. Rencananya di tahun ini dialokasikan anggaran dari dana keistimewaan sebesar Rp7,2 miliar.

“Masih ada pembangunan tahap kedua. Tetapi, untuk kepastian anggaran tahap berikutnya masih menunggu kepastian Danais untuk alokasi di 2024,” ujar dia.

Aldian menambahkan, sekarang masih dalam tahap perencanaan. Diharapkan pada Maret mendatang sudah masuk lelang sehingga segera ditemukan rekanan yang mengerjakan. “Mudah-mudahan berjalan lancar. pengerjaan tahap pertama meliputi land clearing lokasi hingga pembangunan tahap awal,” katanya.

Aldian berharap dengan adanya kawasan parkir nantinya dapat mendukung pengembangan pariwisata di zona utara. Terlebih lagi, parkir yang ada saat ini belum representatif karena tidak bisa untuk parkir kendaraan besar.

“Sekarang parkirnya di Kali Song yang lokasinya sempit. Dengan tempat parkir baru yang rerpresentatif bisa meningkatkan kunjungan wisata di kawasan ini,” katanya.

Pengelola destinasi wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, Sugeng Handoko mengatakan pembangunan kawasan parkir merupakan usulan dari kelompok sadar wisata di Nglanggeran. Dia pun mengaku senang karena usulan bisa direalisasikan mulai tahun ini. “Memang di Nglanggeran butuh lokasi parkir yang memadai,” katanya.

Meski demikian, Sugeng mengingatkan agar proses pembangunan bisa menyesuaikan dengan ciri khas dan karateristik di Nglanggeran. Selain itu, juga memperhatikan tata kelola yang baik hingga perawatan. “Jangan sampai ada kesan mangkrak setelah jadi nantinya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Update! Korban Tewas Gempa Turki dan Suriah Sudah Lampaui 5.000 Jiwa

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement