Advertisement

Pemkab Berencana Buka Wisata Keliling Gunungkidul dengan Pesawat Kecil

Newswire
Rabu, 18 Januari 2023 - 07:47 WIB
Bhekti Suryani
Pemkab Berencana Buka Wisata Keliling Gunungkidul dengan Pesawat Kecil Kejurnas Motoprix Regional 2 Puaran 3 2018 di Sirkuit Lanud Gading, Wonosari, Gunungkidul, Minggu (13/5 - 2018). Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, berencana mengembangkan wisata udara dengan konsep terbang mengelilingi wilayah ini dengan pesawat kecil.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta di Gunungkidul, Selasa (17/1/2023), mengatakan wisata udara mengelilingi Gunungkidul dengan pesawat kecil sangat menjanjikan untuk percepatan pengembangan wisata di wilayah ini.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Konsep wisata ini sangat menjanjikan ke depan, apalagi pariwisata di Gunungkidul sedang tumbuh pesat," kata Sunaryanta.

Ia mengatakan pengembangan wisata Gunungkidul dari semua sisi mulai dari darat, laut dan udara. Pemkab Gunungkidul masih terus menyusun konsepnya, khususnya wisata udara.

Konsep wisata udara seperti ini tergolong wisata minat khusus. Namun ia optimistis tetap ada minat dari wisatawan. "Apalagi generasi saat ini juga menyukai wisata yang ekstrem," kata Sunaryanta.

BACA JUGA: Ini Jenis Belanja Paling Besar Wisatawan di Jogja Menurut Survei

Namun demikian, ia mengatakan dirinya telah menjalin komunikasi dengan komunitas penerbangan di DIY yang menyediakan jasa penyewaan pesawat kecil.

Menurut dia, kondisi alam di Gunungkidul cocok dinikmati lewat cara terbang berkeliling. Di Gunungkudul sudah ada fasilitas Lapangan Udara (Lanud) Gading, Playen yang bisa dimanfaatkan.

Ia mengatakan konsep wisata udara tersebut perlu masih dimatangkan agar sesuai harapan. Termasuk berkoordinasi dengan pengelola dari Lanud Gading.

"Akan dikaji potensinya seperti apa, serta bagaimana menarik pihak swasta," katanya. Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul Mohamad Arif Aldian mengatakan konsep wisata udara terbilang menarik dan inovatif. Sebab dinilai sesuai dengan potensi Gunungkidul sendiri.

Menurut dia, akan jadi pengalaman menarik bagi wisatawan dengan berkeliling di udara menggunakan pesawat. Rencana pengembangan wisata udara membutuhkan kajian yang mendalam karena menyangkut lintas instansi dan izin yang panjang.

"Terutama terkait regulasi penerbangan demi keamanan dan kenyamanannya," kata Arif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Otorita IKN Nusantara Bentuk BUMN

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 08:07 WIB

Advertisement

alt

5 Destinasi Dekat Stasiun Lempuyangan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 12:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement