Advertisement

Ratusan Kusir Andong Malioboro Diberi Pakaian Surjan

Sunartono
Minggu, 22 Januari 2023 - 05:57 WIB
Sunartono
Ratusan Kusir Andong Malioboro Diberi Pakaian Surjan Kusir andong saat mengantre mengambil bantuan surjan di Teras Malioboro 2, Sabtu (21/1/2023). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Organisasi nirlaba Lions Club Yogyakarta Puspita Mataram membagikan ratusan surjan untuk kusir andong dan seragam kaus bagi tukang becak yang biasa beroperasi di Kawasan Malioboro, Sabtu (21/1/2023). Selain itu ribuan paket makanan dibagikan kepada masyarakat di Teras Malioboro 2.

Aksi sosial itu merupakan rangkaian dari 30th Anniversary Lions Club Yogyakarta Puspita Mataram (LCYPM) yang dipusatkan di Kawasan Malioboro. Selain untuk menghibur pengunjung Malioboro dengan dihadirkan panggung hiburan, organisasi ini berusaha memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, salah satunya menyasar Kusir Andong dan Becak.

Advertisement

BACA JUGA : Viral Kuda Andong Menabrak Pembatas Jalan di Malioboro

“Ada 157 Kusir Andong kami beri surjan gratis, karena pakaian surjan ini dipakai setiap harinya ketika melayani wisatawan Malioboro. Sedangkan untuk tukang becak ada 152 orang kami berikan seragam kaus. Selain ada 500 kaos dibagikan ke masyarakat umum di Malioboro,” kata Presiden Lions Club Yogyakarta Puspita Mataram Dwi Haroyah, Sabtu.

Salah satu kusir andong Malioboro, Sudiyono, 57, mengatakan surjan merupakan seragam wajib bagi kusir andong yang akan beroperasi di Malioboro. Karena sudah menjadi kesepakatan paguyuban bahwa kusir andong harus berpakaian adat Jawa berupa surjan dan blangkon serta tidak boleh menggunakan sandal jepit. Oleh karena itu seragam surjan menjadi penting dan dibutuhkan setiap harinya.

“Kami berterima kasih dengan adanya bantuan surjan ini, jadi saya punya enam potong surjan bisa dipakai ganti setiap hari. Karena kalau tidak pakai surjan harus balik pulang, itu sudah kesepakatan agar kita melayani wisatawan dengan baik,” katanya.

Kusir andong dan pengayuh becak juga disasar untuk mendapatkan bantuan operasi katarak dengan kuota sebanyak 30 orang. Kegiatan sosial itu secara umum menyasar anak kanker melalui kerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia dengan memberikan bantuan kepada 32 anak penderita kanker dan beasiswa kepada 15 anak binaan.

BACA JUGA : Jokowi Naik Andong di Malioboro, Warga Antusias Menyapa

“Kegiatan ini juga melakukan pengecekan gula darah untuk masyarakat Teras Malioboro dan sekitarnya sebanyak 100 orang dan senam sehat bersama sebanyak 100 orang. Kemudian di bidang lingkungan, kami memberikan delapan set tempat sampah 3 in 1 untuk Teras Malioboro 2,” kata Irinia Pramastuti Marcom Lions Club Indonesia Distrik 307 B2.

Kegiatan itu pun mendapatkan antusias masyarakat terutama saat dimulainya panggung hiburan pada Sabtu malam dan pembagian makanan kepada ribuan masyarakat yang berada di sekitar Teras Malioboro. Kegiatan sosial ini bahkan menjadi menarik perhatian wisatawan saat libur Imlek di Malioboro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Listrik, Jumat 27 Januari 2023: Wates dan Wonosari Kena Giliran

News
| Jum'at, 27 Januari 2023, 07:07 WIB

Advertisement

alt

Kemenparekraf Optimistis Jumlah Wisatawan 2023 Naik

Wisata
| Kamis, 26 Januari 2023, 08:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement