Advertisement

Kurangi Risiko Bencana, Ribuan Pohon Ditanam di Pinggir Sungai Progo

Andreas Yuda Pramono
Senin, 23 Januari 2023 - 08:47 WIB
Sunartono
Kurangi Risiko Bencana, Ribuan Pohon Ditanam di Pinggir Sungai Progo Penanaman pohon di sekitar Sungai Progo. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Abilowo Sendangsari, Pajangan, Bantul tanam ribuan pohon baik di Pinggir Sungai Progo maupun di lahan Sendangsari pada Minggu, (22/1/2023). Penanaman tersebut utamanya menjadi salah satu upaya mengurangi risiko bencana seperti banjir.

Anggota FPRB Abilowo Sendangsari, Zuchri Saren Satrio, mengatakan kegiatan tersebut merupakan program Kalurahan Sendangsari pada tahun 2022.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Program penanaman itu sudah sejak tahun lalu oleh Pemerintah Kalurahan Sendangsari bersama dengan FPRB Abilowo. Tapi baru bisa terlaksana tahun ini karena baru ada stok tanamannya di DLHK DIY. Selain itu juga penanamannya lebih cocok di bulan-bulan ini kan,” kata Zuchri dihubungi pada Minggu, (22/1/2023).

BACA JUGA : PLN Tanam 19.000 Pohon Peringati Hari Menanam Pohon

Jelas Zuchri, awalnya mereka mengirim proposal permohonan bibit untuk Sirsak sebanyak 500 dan Nangka 1.500 kepada DLHK DIY. Realisasinya, FPRB Abilowo Sendangsari mendapat bibit Sirsak sebanyak 365, Nangka 270, Kayu Putih 432, dan Sengon 250 batang.

“Nanamnya itu di Pinggiran Sungai Progo. Selain itu juga di lahan-lahan warga. Inti dari penanaman tadi itu sebagai upaya pengurangan risiko bencana. Harapan kami ya tidak akan terjadi bencana banjir dan longsor di Kalurahan Sendangsari. Karena itu bibit-bibit tadi kami bagi ke tujuh dusun. Biar mengurangi risiko bencana lah,” katanya.

Penanaman yang diikuti oleh 40 orang anggota FBRP Abilowo Sendangsari tersebut, kata Zuchri, menjadi wujud pelestarian alam. Alam yang lestari akan dapat mengurangi dampak bencana.

“Sebetulnya FPRB itu tidak hanya terpaku pada penanganan bencana pohon tumbang, ataupun pohon yang membahayakan jaringan listrik juga rumah warga. Sangat sedikit yang berpikir bagaimana bersama sama menjaga kelestarian alam dengan menanam pohon. Padahal pohon tersebut kelak bisa mengurangi terjadinya tanah longsor, serta bisa tetap menjaga kelestarian alam,” ucapnya.

Ketua FPRB Abilowo Sendangsari, Sukarjo, mengatakan ia bekerja sama dengan para dukuh yang ada di Sendangsari untuk mengajak warganya membantu penanaman terutama di lingkungan masing-masing.

BACA JUGA : Kalurahan di Semin Ini Kian Hijau, 5.000 Bibit Pohon Ditanam .

“Semoga dengan kerja sama yang baik, penanaman 1.000 pohon di Sendangsari segera selesai,” kata Sukarjo dalam keterangan tertulis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Cara Pangeran Arab Saudi Nikmati Kekayaan

News
| Senin, 06 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement