Advertisement

Tekan Kasus Campak, Anak Diharapkan Segera Diimunisasi

Catur Dwi Janati
Selasa, 24 Januari 2023 - 08:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tekan Kasus Campak, Anak Diharapkan Segera Diimunisasi Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinkes Kulonprogo terus melakukan upaya penekanan kasus campak. Imunisasi menjadi salah satu aspek terpenting dalam penekanan kasus campak.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kulonprogo, Rina Nuryati menerangkan upaya penekanan angka kasus campak di Kulonprogo bakal terus dilanjutkan pada 2023. Hal ini menyusul meningkatnya kasus campak di berbagai daerah di Indonesia. "Di nasional ada peningkatan kasus di beberapa provinsi. Jadi kita juga harus waspada di Kulonprogo," terangnya pada Senin (23/1/2023).

Advertisement

Menurutnya kasus campak erat kaitannya dengan cakupan imunisasi dasar lengkap. Targetnya 95 persen sasaran anak harus telah diimunisasi.

"Di Kulonprogo itu capainnya untuk Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) itu sudah 98 persen dan yang campak bias sudah 99 persen. Namun begitu kita tidak boleh lengah," ujarnya.

Baca juga: Penderita Hipertensi Wajib Setop Konsumsi Garam

Pada 2022 lalu, Rina mencatat ada enam kasus campak di Kulonprogo. Enam kasus tersebut tersebar di beragam wilayah dengan periode waktu yang berbeda-beda serta tidak ditemukan kaitan secara epidemiologi.

"Ini menjadi kewaspadaan juga di masyarakat nanti kalau ada yang anak-anak demam kemudian muncul ruam-ruang harus segera diperiksakan ke fasilitas kesehatan," terangnya.

Untuk menekan angka kasus campak, skema imunisasi serupa akan semakin digencarkan pada 2023. "Tetap seperti tahun kemarin cuma kita lebih meningkatkan lagi," jelasnya.

Rina mengimbau kepada masyarakat yang mengetahui anaknya belum menjalani imunisasi campak bisa segera menuju ke Puskesmas terdekat. Petugas akan memeriksa imunisasi apa saja yang sudah diterima anak apakah sudah lengkap atau belum.

"Imbauan kita ke masyarakat untuk mengecek lagi buku KMS-nya apakah sudah lengkap imunisasinya apa belum. Stok vaksin aman," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement