Advertisement

Promo Sumpah Pemuda Harjo

Pemakai Knalpot Blombongan Tak Ditilang, Polisi: Langsung Kami Minta Diganti di Tempat

David Kurniawan
Selasa, 31 Januari 2023 - 15:37 WIB
Arief Junianto
Pemakai Knalpot Blombongan Tak Ditilang, Polisi: Langsung Kami Minta Diganti di Tempat Ilustrasi. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Jajaran Satlantas Polres Gunungkidul mulai mengintensifkan penindakan terhadap pemakaian knalpot blombongan. Langkah ini sebagai upaya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat.

Kasatlantas Polres Gunungkidul, A Purwanta mengatakan pemakaian knalpot blombongan menyalahi aturan karena tidak sesuai dengan standarisasi dari pabrikan. Selain itu, pemakaian juga bisa mengganggu kamtibamas dikarenakan suaranya bisa menjadi alat provokasi sehingga dapat memicu terjadinya kericuhan.

Advertisement

“Maknya harus kami antisipasi dengan menggalakkan penindakan pemakaian knalpot blombongan,” kata Purwanta, Selasa (31/1/2023).

Dia mengakui penindakan terhadap pemakaian knalpot blombongan belum banyak karena pelaksanaan baru tahap awal. Sebelumnya, penindakan hanya dilakukan di waktu-waktu tertentu seperti malam minggu atau hari libur, tetapi sekarang intensitasnya akan lebih ditingkatkan lagi.

Adapun skema penindakan dengan cara hunting dengan menempatkan petugas di titik-titik tertentu. “Pengendara yang kedapatan memakai knalpot blombongan akan dihentikan, tetapi tidak langsung ditilang karena akan diperingatkan terlebih dahulu,” katanya.

BACA JUGA: Sangat Mengganggu, Knalpot Blombongan di Bantul Akan Disita Polres dan Dijadikan Monumen

Meski tidak ditilang, pengendara yang terjaring diminta mengganti knalpot. Proses pergantian akan ditunggui oleh petugas yang ada di lapangan. “Harus langsung diganti di lokasi,” tegasnya.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Edy Basuki Sumantri mengatakan, upaya menjaga kondusivitas terus dilakukan. Terlebih lagi sudah mulai memasuki tahun politik di Pemilu 2024 sehingga pengamanan akan terus ditingkatkan.

Menurut dia, upaya operasi cipta kondisi melalui Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan (KRYD) terus dilakukan di setiap polsek di Gunungkidul. Langkah ini sebagai upaya menjaga kambtibmas, serta mengurangi risiko kriminalitas, terutama menyangkut aksi kejahatan jalanan. “Kami akan terus berupaya agar situasi kamtibmas tetap terjaga,” katanya.

BACA JUGA: Dua Hari, Dua Hoaks Penculikan Anak Beredar di Gunungkidul dan Nyaris Makan Korban

Edy menambahkan, untuk mengoptimalkan pengamanan juga dibutuhkan peran dan partisipasi aktif dari masyarakat. Salah satunya dengan terus menggiatkan program sistem keamanan lingkungan di masyarakat.

Selain itu, juga bisa dilakukan dengan terus mengawasi kegiatan anak-anak sehingga tidak terjerumus ke salah pergaulan. Hal ini dilakukan agar tidak menjadi korban maupun pelaku tindak kriminalitas. “Tidak boleh dibiarkan harus terus diawasi. Serta tidak boleh di luar rumah hingga larut malam,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga BBM Diramal Tidak Akan Naik Mendekati Pilpres 2024 tapi ..

News
| Senin, 02 Oktober 2023, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Danau Toba Dikartu Kuning UNESCO, Sandiaga: Ini Jadi Alarm

Wisata
| Senin, 02 Oktober 2023, 21:50 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement