Advertisement

Kesbangpol Diminta Cermati Pendaftaran Ormas, Kenapa?

Yosef Leon
Sabtu, 11 Februari 2023 - 08:17 WIB
Arief Junianto
Kesbangpol Diminta Cermati Pendaftaran Ormas, Kenapa? Ilustrasi ormas. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Pemda DIY, dalam hal ini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) didorong untuk cermat dalam melakukan verifikasi data dan administrasi atas pendaftaran organisasi kemasyarakatan (ormas) di wilayahnya.

Dalam beberapa kasus masih ditemui ormas tertentu yang belum tertib administrasi dengan menyertakan dokumen tidak sah saat melakukan pendaftaran melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik di daerah. 

Advertisement

Perwakilan Direktur Perdata, Analis Hukum Ditjen Administrasi Hukum Umum Kemenkumham, Daniel Duardo Noorwijonarko mengatakan pemerintah daerah didorong untuk mencermati keberadaan ormas di wilayah masing-masing. Hal ini penting untuk memantau dan menjamin eksistensi ormas dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat. 

Hanya saja, pihaknya masih menemukan beberapa ormas tertentu yang nakal saat mendaftarkan diri ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik di daerah. Petugas diminta lebih cermat dalam melakukan verifikasi dokumen ormas untuk mencegah persoalan lain ketika ormas telah diakui namun belum berfungsi sebagaimana tugas dan pokoknya. 

"Aparatur harus teliti dalam melakukan verifikasi pendaftaran ormas. Kami beberapa kali menemukan Badan Kesbangpol yang mengerluarkan output resmi padahal Ormas yang mendaftarkan dengan dokumen-dokumen yang tidak sah" katanya, Jumat (10/2/2023). 

BACA JUGA: Tinggalkan PSI, Rian Ernest Pilih Berlabuh di Partai Golkar

Kepala Bakesbangpol Kota Jogja, Budi Santosa membenarkan bahwa keberadaan ormas harus dicermati berkaitan dengan profil, spesifikasi, kegiatan, dan juga kedudukan hukumnya. Oleh karena itu di era digital seperti sekarang pihaknya tekah mewadahi pendataan Ormas secara daring lewat Sistem Informasi Ormas (SI Ormas). 

"Pendaftaran ormas merupakan pintu gerbang bagi legalitas dan pengakuan pemerintah terhadap ormas itu sendiri yang pada akhirnya menjamin eksistensi ormas tersebut. Dengan pendaftaran, kegiatan pengawasan dan pemberdayaan ormas dapat didukung, terlebih dengan adanya sistem informasi ormas, maka semakin mudah penyampaian informasi terkait keormasan" katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

1.119 WNI Berhasil Dipulangkan ke Tanah Air dari Zona Konflik hingga Bencana Alam

News
| Sabtu, 27 April 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement