Advertisement

Aptiknas Dorong Pembangunan Budaya Digital Melalui Pertunjukan Seni

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 11 Februari 2023 - 23:07 WIB
Budi Cahyana
Aptiknas Dorong Pembangunan Budaya Digital Melalui Pertunjukan Seni Ilustrasi budaya digital yang tumbuh berkat kemajuan Internet. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Fase pembangunan transformasi digital diharapkan dapat menyentuh semua lini. Membangun budaya digital menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kerangka kerja literasi digital. 

Ketua DPD Asosiasi Pengusaha Teknologi Infomasi dan Komunikasi Nasional (Aptiknas) DIY Azzam Muhammad Bayhaqi mengatakan membangun budaya digital bisa dilakukan dengan memanfaatkan bonus demografi dan pemberdayakan masyarakat untuk ikut serta mengembangkan dunia digital. Pertunjukan seni, katanya, dinilai sebagai sarana efektif dalam upaya membangun budaya digital.

Advertisement

“Ada tiga aspek dalam membangun budaya digital. Budaya digital sebenarnya sudah diadopsi oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga aspek tersebut ialah partisipasi masyarakat dalam memberikan kontribusi untuk tujuan bersama, perbaikan atau merubah budaya lama menjadi budaya baru yang efisien, efektif, dan cepat, serta aspek manfaat yang sudah ada untuk membentuk hal yang baru,” katanya, Jumat (10/2/2023).

Azzam menambahkan salah satu contoh aplikatif dalam kehidupan sehari-hari ialah belanja kebutuhan sehari-hari yang semakin mudah dilakukan melalui gawai dengan bantuan internet. Berbeda dengan masa dulu ketika masyarakat harus pergi ke toko untuk mencari kebutuhan sehari-hari. Contoh tersebut menunjukkan pola hubungan atau komunikasi yang lebih cepat dan praktis melalui Internet.

“Budaya digital adalah konsep yang menggambarkan bagaimana teknologi dan internet membentuk cara kita berinteraksi sebagai manusia,” ujar dia.

Guna memasyarakatkan budaya digital di masyarakat, asosiasi melakukan sinergi antara budaya digital melalui berbagai aktivitas sanggar budaya seperti pagelaran seni tari di wilayah Jogja. Sinergi dilakukan dalam bentuk pementasan Sendratari Ramayana bertema Dewantara Muda Berbudaya di Kapanewon Seyegan Sleman, Sabtu (11/2/2023). 

Selain pertunjukan seni, katanya, para pegiat seni dan budaya juga mengikuti workshop pengetahuan dan keterampilan dasar literasi digital.

BACA JUGA: Twitter Blue Resmi Masuk Indonesia, Pelanggan Dikenai Rp120.000 Per Bulan

“Ajang itu akan membantu proses transformasi digital pada masyarakat lokal, terutama pegiat lokal. Budaya digital terbentuk dari hasil pola pikir, perilaku, dan cipta karya manusia. Penerapan budaya digital lebih kepada pola pikir atau mindset masyarakat untuk beradaptasi pada teknologi internet,” imbuhnya.

Azzam berharap melalui sinergi pertunjukan seni dalam membangun budaya digital, masyarakat memiliki kemampuan dalam literasi digital. Ke depan, masyarakat bisa terlibat secara aktif dalam mewujudkan budaya digital yang mengokohkan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Di antaranya turut menjadi pejuang anti-hoaks di dunia digital, menjadi netizen yang bijak dalam bermedia sosial, memanfaatkan teknologi informasi dalam setiap kegiatan sanggar budaya, dan lain sebagainya,” ujar Azzam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement