Advertisement

Beberkan Peran Haryadi Cs dalam Kasus Perizinan Jogja, Jaksa: Ada "Haryadi Kecil"

Triyo Handoko
Rabu, 15 Februari 2023 - 17:37 WIB
Bhekti Suryani
Beberkan Peran Haryadi Cs dalam Kasus Perizinan Jogja, Jaksa: Ada Tersangka kasus suap Haryadi Suyuti (kiri) berjalan menuju mobil tahanan usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (30/9/2022). - Antara/Reno Esnir

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Jaksa Penuntut Umum (JPU) persidangan korupsi mantan Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti menjelaskan adanya pembagian peran dalam kejahatan yang dilakukannya bersama mantan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan (DPMP) Jogja Nurwidi Hartana dan sekretaris pribadinya, Trianto.

JPU Zaenal Arifin menyebut Haryadi sebagai veto player dimana perannya sebagai pemegang kuasa mempengaruhi kebijakan pengurusan izin mendirikan bangunan (IMB). Sedangkan Nurwidi dan Trianto sebagai kaki tangannya dalam suap yang dilakukan bersama-sama tersebut. “Atas perannya sebagai Wali Kota tersebut terdakwa berkontribusi atas tidak terpenuhinya pelaksanaan SOP [Standar Operating System] di DPMP dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Jogja,” katanya saat persidangan, Selasa (15/2/2023).

Advertisement

Adanya perjanjian komitmen pemenuhan syarat IMB yang ditandatangani Haryadi, jelas Zaenal, agar IMB segera terbit padahal syaratnya belum lengkap adalah peran korupsi yang dilakukannya.

“Trianto yang sudah dikenal luas di kalangan pejabat Pemkot dan pengusaha sebagai ‘Haryadi Kecil’ yang menunjukkan representasi Haryadi yang menerima uang suap untuk terdakwa adalah kaki tangannya, sehingga bantahan terdakwa yang tidak menerima uang tersebut tidak bisa dibenarkan meskipun memang tidak secara langsung menerimanya karena diwakilkan saksi Trianto,” jelasnya.

Dalam tuntutan Trainto, lanjut Zaenal, perannya meminta pejabat DPMPT DAN Dinas PUPR Jogja untuk segera menyegerakan penerbitan IMB Apartemen Royal Kedhaton dan Aston Hotel. “Terdakwa Tiryanto memenuhi permintaan Haryadi untuk menyampaikan pesannya agar izin segera diproses,” ujarnya.

BACA JUGA: Pelajar di Sleman Gantung Diri, Bikin Status Perpisahan dan Foto Tali Tambang di WA

Peran Nurwidi juga sama dengan yang dilakukan Trianto, yaitu mematuhi Haryadi. “Terdakwa Nurwidi juga meminta pegawai dibawahnya untuk mempercepat proses penerbitan IMB tersebut,” kata Zaenal.

JPU atas pertimbangan fakta persidangan dan keterangan saksi serta barang bukti menuntut Haryadi dengan hukuman 6 tahun 6 bulan, lalu Nurwidi dengan hukuman 4 tahun 6 bulan, terakhir Trianto dengan hukuman 4 tahun penjara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement