Advertisement

13 Ton Minyakita Dipasok ke 4 Pasar di Kota Jogja, Mana Saja?

Yosef Leon
Kamis, 16 Februari 2023 - 16:07 WIB
Bhekti Suryani
13 Ton Minyakita Dipasok ke 4 Pasar di Kota Jogja, Mana Saja? Warga mengantre membeli minyak goreng kemasan saat peluncuran Minyakita di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (6/7 - 2022). Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA Sedikitnya 13 ton minyak goreng jenis Minyakita digelontorkan di empat pasar Kota Jogja guna memenuhi permintaan masyarakat yang tinggi atas komoditas itu. Minyak goreng jenis Minyakita sebelumnya sempat langka di pasaran dan dijual di atas harga eceran tertinggi (HET) yang di angka Rp14.000 per liter. 

Kepala Dinas Perdagangan Kota Jogja Veronica Ambar Ismuwardani mengatakan, ketersediaan minyak goreng di wilayahnya sebenarnya masih sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan warga. Hanya saja melihat antusiasme warga terhadap minyak goreng Minyakita, Kementerian Perdagangan kemudian menyalurkan komoditas itu ke sejumlah wilayah termasuk Jogja. 

Advertisement

"Jogja dapat 13 ton, itu hasil dari inspeksi yang dibagi ke empat pasar yaitu Beringharjo, Demangan, Kranggan dan Prawirotaman," kata Ambar dalam penyaluran Minyakita di Pasar Beringharjo, Kamis (16/2/2023). 

BACA JUGA: Resmi! Erick Thohir Terpilih Jadi Ketua Umum PSSI

Ambar menyebut, penyaluran Minyakita itu disertai dengan sejumlah ketentuan lantaran stoknya yang terbatas. Penyaluran ke empat pasar tradisional itu nantinya hanya dibatasi kepada 10 pedagang di tiap pasar dengan jumlah masing-masing sebanyak tujuh karton. Selain itu, konsumen juga hanya diperbolehkan membeli sebanyak dua liter per hari. 

"Ketentuannya memang begitu, ini akan terus berkelanjutan. Ke depan rencana pasarnya akan kita tambah di Sentul dan Lempuyangan," ujarnya. 

Ambar menyebut, tahap awal penyaluran Minyakita sebelumnya telah dilangsungkan di Pasar Kranggan dan Demangan. Hari ini penyaluran di fokuskan di dua pasar lainnya yakni Beringharjo dan Prawirotaman. Dalam waktu dekat pihaknya juga berencana untuk menambah sasaran pasar yang ikut mendapat intervensi penyaluran Minyakita. 

"Sekarang kan yang masuk baru 1.000 karton. Rencana minggu depan akan datang lagi dan kepada pedagang sudah kita data juga yakni mereka yang sudah mempunyai NPWP, KTP dan menandatangani kesepakatan agar dijual sesuai HET," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Suplemen Diet Jepang Akibatkan 100 Orang Dirawat dan Lima Orang Meninggal

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement