Advertisement

Pemda Didorong Kembangkan Wisata Sejarah di Jogja

Yosef Leon
Sabtu, 18 Februari 2023 - 00:17 WIB
Bhekti Suryani
Pemda Didorong Kembangkan Wisata Sejarah di Jogja Suasana gedung Indonesia Menggugat di Bandung Jawa Barat, Jumat (17/2/2023) - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Pemda DIY didorong mengembangkan destinasi wisata sejarah untuk memberikan pilihan alternatif yang lebih luas kepada wisatawan saat berkunjung ke wilayah ini. Potensi atraksi wisata berbasis sejarah di Jogja pun dinilai tak kalah dengan daerah lain khususnya yang berkaitan dengan zaman revolusi kemerdekaan, sehingga perlu dikembangkan lebih luas.

Ketua Komisi A DRPD DIY Eko Suwanto mengatakan, penguatan nilai-nilai kebangsaan dan pemahaman Pancasila berikut sejarahnya mesti dilakukan dengan cara-cara kreatif di era sekarang. Jogja yang kental dengan daerah wisata disebut Eko harus mampu mengelaborasikan strategi pengembangan pariwisata yang digabung dengan aspek sejarah. 

Advertisement

Apalagi Pemda DIY telah mempunyai Peraturan Daerah No. 1/2022 tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan yang dinilainya menjadi payung hukum yang tepat dalam pengembangan nilai Pancasila dan kebangsaan. Menurut Eko, cukup banyak lokasi maupun peristiwa sejarah penting yang berlangsung di Jogja dalam perjalanan kemerdekaan RI, ini mestinya bisa dikemas menjadi paket-paket wisata. 

"Kami rekomendasikan Pemda untuk lebih peduli dengan fragmen dan peristiwa sejarah. Jogja menjadi salah satu daerah yang sedikit banyak punya kontribusi secara langsung maupun tidak langsung dalam revolusi kemerdekaan," kata Eko saat berada di Gedung Indonesia Menggugat di Bandung, Jawa Barat, Jumat (17/2/2023).

BACA JUGA: Tol Jogja Solo Bakal Dibuka Saat Lebaran! Proyek Dikebut

Kunjungan itu merupakan bagian dari rangkaian sejumlah perjalanan lain yang telah dilakukan pihaknya dalam tapak tilas sejarah peristiwa kemerdekaan RI, mulai dari Surabaya tempat kelahiran Bung Karno dan kediaman gurunya yaitu H.O.S Cokroaminoto; Ngawi kediaman Ketua BPUPKI KRT Radjiman Wediodiningrat; Blitar tempat Bung Karno dimakamkan dan Bali tempat museum dan perpustakaannya. 

"Peristiwa sejumlah bapak bangsa yang berkunjung ke Jogja saat peralihan ibu kota negara dan kursus serta kuliah umum Pancasila saya kira perlu dikaji untuk kemudian dijadikan pilihan wisata bagi masyarakat," kata Eko. 

Wakil Ketua Komisi A DPRD DIY Sudaryanto menyebut, pengembangan destinasi wisata sejarah berkaitan dengan masa revolusi fisik pun masih beririsan dengan sejarah keistimewaan Jogja. Pemda DIY menurutnya bisa pula menggabungkan konten wisata yang menunjukkan peristiwa sejarah masa pra kemerdekaan dengan unsur keistimewaan Jogja. 

"Banyak catatan sejarah yang mengungkap dukungan moril dan materil Jogja dalam merebut kemerdekaan dan menjadikannya sebagai daerah istimewa. Ini tentu perlu diketahui oleh masyarakat bagaimana asal muasal keistimewaan dan perjalanannya dalam mengisi kemerdekaan Republik," ucap Sudaryanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Agresi Israel, Penduduk Gaza Diperkirakan Krisis Pangan dalam Enam Pekan Lagi

News
| Kamis, 25 April 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement