Advertisement

Pemkab Sleman akan Berantas Peredaran Rokok Ilegal

Newswire
Selasa, 21 Februari 2023 - 11:37 WIB
Jumali
Pemkab Sleman akan Berantas Peredaran Rokok Ilegal Petugas dari Satpol PP Sleman memperlihatkan rokok ilegal yang berhasil ditemukan saat operasi yang digelar pada Selasa (30/8/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com,SLEMAN—Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa menegaskan bahwa pemerintah daerah setempat komitmen untuk memberantas peredaran rokok ilegal di pasaran.

BACA JUGA: Genjar Dilakukan Razia Rokok Ilegal di Bantul

Advertisement

"Pemberantasan peredaran rokok ilegal merupakan bentuk keberpihakan pemerintah kepada pekerja di industri rokok dan tembakau, khususnya yang berada di Kabupaten Sleman," kata Danang di Sleman, Selasa (21/2/2023).

Pemerintah Kabupaten Sleman bersama dengan Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan Minuman Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP RTMM SPSI) melakukan deklarasikan gempur rokok ilegal pada Senin (20/2) malam.

Deklarasi dilakukan oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa bersama Ketua Umum PP FSP RTMM SPSISudarto dan Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta, Eko Darmanto dalam rangkaian acara rapat kerja nasional (rakernas) FSP RTMM SPSI.

Danang Maharsa mengatakan bahwa deklarasi gempur rokok ilegal ini merupakan komitmen pemerintah dalam pemberantasan peredaran rokok ilegal.

"Cukai tembakau merupakan salah satu penyumbang terbesar bagi penerimaan pendapatan negara. Pemanfaatan penerimaan cukai tembakau salah satunya dituangkan dalam DBHCT yang dibagikan kepada daerah penghasil cukai tembakau," katanya.

Menurut dia, dana bagi hasil tersebut kemudian dialokasikan untuk tiga aspek yaitu kesejahteraan, kesehatan dan sosialisasi penegakan hukum.

"Berdasarkan hal tersebut, gerakan gempur rokok ilegal ini menjadi langkah penegakan dalam memberantas cukai ilegal dan memberikan rasa keadilan bagi pekerja rokok tembakau resmi," katanya.

Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto mengatakan bahwa beredarnya rokok ilegal menjadi ancaman bagi lapangan kerja khususnya di industri rokok resmi.

"Selain itu, peredaran rokok ilegal ini dapat berdampak pada penerimaan negara yang akan dikembalikan kepada masyarakat," katanya.

Ketua Umum PP FSP RTMM SPSI Sudarto menyampaikan dukungannya terhadap upaya yang dilakukan pemerintah dalam memberantas peredaran rokok ilegal.

Ia mengatakan deklarasi gempur rokok ilegal yang bertepatan dengan peringatan Hari Pekerja Nasional ini menjadi momentum untuk menjaga keberlangsungan dan pertumbuhan industri dalam hal ini industri rokok tembakau resmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement