Advertisement

Catat! Ini 4 Komoditas Pangan yang Harganya Tinggi di Kota Jogja Jelang Puasa

Anisatul Umah
Rabu, 22 Maret 2023 - 16:07 WIB
Arief Junianto
Catat! Ini 4 Komoditas Pangan yang Harganya Tinggi di Kota Jogja Jelang Puasa Ilustrasi. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jelang ramadan dan lebaran, harga beberapa komoditas pangan di Kota Jogja diperkirakan akan meningkat. Di antaranya telur, bawang merah, bawang putih, dan cabai. Penjabat Wali Kota Jogja, Sumadi mengatakan kenaikan harga ini wajar karena secara hukum ekonomi tingginya permintaan akan diiringi tingginya harga.

Meski demikian menurutnya Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja akan berupaya menjaga agar harga pangan tidak melonjak terlalu tinggi. Untuk komoditas cabai dan beras Pemkot Jogja akan bekerja sama dengan Kabupaten Sleman. Dalam waktu dekat juga akan bekerjasama dengan Kabupaten Kulonprogo. Lalu untuk telur kerjasama pasokan akan dijalin dengan Pemkot Blitar dan Kabupaten Magelang. Sehingga diharapkan tidak terjadi kenaikan signifikan.

Advertisement

"Bahan pokok yang kemungkinan cenderung naik adalah bawang merah, bawang putih, cabai, telur. Kami berharap agar masyarakat tidak panic buying, karena pada prinsipnya stok makanan tercukupi," ucapnya, Selasa (21/3/2023).

Pemkot Jogja bersama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Jogja, Satgas Pangan Polresta Jogja, dan Kejaksaan Negeri Jogja menggelar sidak ke pasar dan distributor. Dari sisi pasokan dipastikan aman, dan dari sisi harga ada lonjakan namun masih terkendali.

BACA JUGA: Harga Sembako Mulai Naik, Sleman Siapkan Pasar Murah

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Jogja, Kadri Renggono mengatakan beberapa harga pangan yang mengalami kenaikan tapi relatif stabil adalah cabai merah dan rawit merah. Untuk beras relatif stabil di harga yang tinggi.

"Cabai memang karena curah hujan yang masih cukup tinggi. Kemudian beras, meskipun beras kita berharap beberapa sentra sudah mulai panen Maret, April, sampai Mei," ucapnya.

Sebagai tujuan destinasi wisata, kata Kadri, diperkirakan akan banyak wisatawan yang berkunjung saat libur lebaran. Diharapkan Bulog bisa memperkirakan adanya tambahan wisatawan tersebut.

"Misalnya permintaan meningkat, Pemkot Jogja akan berkomunikasi dengan Bulog dan penyedia lainnya. Ketersediaan [pangan] informasi dari Bulog tiga bulan mencukupi. Masyarakat tidak perlu khawatir," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan IKN, Jokowi: Jangan Membayangkan Upacara 17 Agustus Sudah Jadi Semuanya

News
| Rabu, 17 Juli 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Shoulder Season, Periode Berwisata Antiribet

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement