Advertisement

Pemkab Jangan Hanya Terpatok pada Target Angka

Media Digital
Senin, 27 Maret 2023 - 06:57 WIB
Arief Junianto
Pemkab Jangan Hanya Terpatok pada Target Angka Ahmad Agus Sofwan

Advertisement

BANTUL—Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul, Ahmad Agus Sofwan meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk  meningkatkan sosialisasi terkait dengan pencegahan penyakit degeneratif. Pasalnya, saat ini, kebanyakan orang mengalami penyakit tersebut.

Penyakit degeneratif adalah kondisi kesehatan saat tubuh penderitanya mengalami penurunan fungsi jaringan dan organ. Penyakit degeneratif dapat memburuk seiring berjalannya waktu. Adapun jenis-jenis penyakit degeneratif atau penyakit yang tidak menular tersebut di antaranya adalah penyakit jantung, kanker, diabetes, osteoporosis, dan hipertensi.

Advertisement

“Selama ini saya melihatnya Pemkab hanya fokus masalah stunting yang hanya mengejar target angka menuju Kabupaten Layak Anak 2024. Padahal penyakit degeneratif tidak kalah
pentingnya untuk disosialisasikan pencegahannya,” kata Agus, Minggu (26/3).

Menurutnya, banyak masyarakat mengalami penyakit degeneratif tetapi belum banyak yang tahu cara-cara pencegahannya. Penyakit degeneratif erat kaitannya dengan menjaga pola hdup bersih dan sehat (PHBS) sejak dini.

Hanya saja soal menjaga pola hidup bersih dan sehat belum banyak disosialisasikan kepada masyarakat. “Sosialisasi pencegahan penyakit degeneratif ini saya kira penting ya dimasifkan
karena lebih mengena kepada masyarakat,” ucapnya.

BACA JUGA: DPRD Bantul: Media Sarana Efektif Kenalkan Program Dewan

Sekretaris Komisi D DPRD Bantul ini menambahkan, selain memasifkan sosialisasi pencegahan penyakit degeneratif, Pemkab juga perlu memperhatikan masalah kesejahteraan masyarakat dengan memberikan modal usaha bagi masyarakat.

Menurutnya, masih banyak warga Bantul yang penghasilannya kurang layak dan tidak menutup kemungkinan masih ada yang mendapatkan upah di bawah Upah Minimum Kabupaten (UMK). Padahal kebutuhan pokok masyarakat juga meningkat, sehingga dibutuhkan banyak keterampilan usaha yang didukung oleh pemerintah.

Kenakalan Remaja

Tidak hanya masalah kesehatan dan tenaga kerja, politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga menyoroti soal kenakalan remaja yang akhir-akhir ini marak terjadi. Bahkan beberapa
pelaku maupun korban adalah pelajar SMP dan SMA atau sekolah sederajat. Ia menilai pendidikan saat ini lebih banyak mengejar nilai akademis, namun lupa pada pendidikan mental dan spiritual.

Pemkab melalui Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) ini juga diminta agar program ekstrakurikuler, minat dan bakat yang menarik bagi siswa sekolah lebih digencarkan
dan diperbanyak sehingga energi besar siswa tertampung pada minat dan bakat.

“Biasanya anak-anak ingin melampiaskan energi sementara program untuk menyalurkan minat dan bakat di sekolah kurang menarik sehingga melampiaskan di jalanan.  Ini kurang bagus,” ujar dia.

Sekedar diketahui, Ahmad Agus Safwan adalah anggota DPRD Bantul periode 2019-2024. Meski demikian kiprahnya di PKS sudah sejak lama bahkan dia sudah bergabung dengan
PKS sejak 1998 lalu atau sejak PKS masih bernama PK.

Selain di partai, pria kelahiran 4 Agustus 1966 ini juga bergelut dalam dunia pendidikan. Dia terlibat dalam penyelenggaraan Yayasan Lukman Al-Hakim dan mengisi pengajian di beberapa tempat. 

Bagi alumni UNY dan UMY ini, terjun di dunia politik merupakan keharusan untuk memudahkan perjuangan karena politik tak terpisahkan dari keagamaan,  nilai moral yang harus diterapkan di masyarakat.  “Akan lebih cepat memperjuangkan jika terjun di politik,” ucap Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement