Advertisement

Jogja-Semarang Hanya 1,5 Jam, Konstruksi Tol Jogja Bawen Seksi I Sudah 31,30 Persen

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 30 Maret 2023 - 17:27 WIB
Bhekti Suryani
Jogja-Semarang Hanya 1,5 Jam, Konstruksi Tol Jogja Bawen Seksi I Sudah 31,30 Persen Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pembangunan jalan tol Jogja Bawen hingga kini terus berlanjut. Keberadaan tol ini akan memangkas waktu perjalanan Jogja Semarang secara signifikan. 

Tahapan pembangunan tol Jogja-Bawen terus diupayakan percepatan baik dari sisi pengerjaan konstruksi yang saat ini sudah berjalan maupun pembebasan lahan.

Advertisement

Direktur Utama Jasamarga Jogja Bawen (JJB) A.J. Dwi Winarsa menyampaikan hingga saat ini pembebasan lahan Tol Jogja-Bawen telah mencapai 64,65%, dan progres konstruksi Seksi 1 Jogja-SS Banyurejo sepanjang 8,8 km telah mencapai 31,30%.

BACA JUGA : Lahan di Peta Tol Jogja Bawen Bertambah, 7 Kalurahan

Setiap tahapan pekerjaan konstruksi terus diupayakan percepatan dengan tetap mengedepankan kualitas dan meminimalisasi dampak lingkungan sekitar. Selain itu pembangunan jalan tol akan tetap memperhatikan aspek historis dari Kraton Jogja dan situs cagar budaya dan purbakala yang berada di wilayah DIY.

“Dari sisi penghijauan diharapkan Jalan Tol Jogja-Bawen ini bisa mempunyai beautifikasi jalan tol yang indah sehingga nyaman dilewati pengguna jalan," katanya, Kamis (30/3/2023).

Dia menyampaikan pemanfaatan tanah Sultan Ground (SG) dan Tanah Kas Desa untuk Tol Jogja-Bawen telah berdasarkan Surat Tanggapan Permohonan Pelepasan Tanah Desa yang dikeluarkan Kraton Jogja pada 17 Desember 2022.

BACA JUGA : Tol Jogja Bawen Terdiri dari Enam Seksi dan Dibangun

"Berdasarkan surat tersebut [Tanah SG dan TKD] dapat digunakan untuk pembangunan Jalan Tol Jogja-Bawen, tanpa harus pelepasan, penggunaan tanah tersebut dapat digunakan dengan memberikan hak pakai melalui perjanjian para pihak," katanya.

Lebih lanjut, Dwi menyampaikan terkait izin lingkungan pembangunan Jalan Tol Jogja-Bawen, Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK) telah menerbitkan izin lingkungan melalui SK No. SK.251/MENLHK/SETJEN/PLA.0/3/2022 tentang Kelayakan Lingkungan Hidup Kegiatan Pembangunan Jalan Tol Jogja-Bawen di DIY dan Jawa Tengah.

Jalan Tol Jogja-Bawen termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk mendukung program pemerintah dalam pengembangan infrastruktur. “Jika sudah beroperasi penuh, perjalanan dari Semarang menuju Yogyakarta atau sebaliknya akan menjadi lebih cepat, dari sebelumnya memakan waktu 3 jam menjadi hanya 1,5 jam," katanya.

BACA JUGA : Terbaru, Ini Tahapan Lengkap Proyek Tol Jogja Solo

Ia berharap pembangunan jalan tol ini dapat melancarkan distribusi barang dan jasa, pengembangan industri dan pariwisata serta meningkatkan konektivitas di selatan pulau Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement