Advertisement

Ada Pengalihan Arus di Kulonprogo selama Arus Mudik, Ini Dia Titiknya

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 30 Maret 2023 - 17:07 WIB
Arief Junianto
Ada Pengalihan Arus di Kulonprogo selama Arus Mudik, Ini Dia Titiknya Ilustrasi jalur mudik. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo akan memperbanyak rambu dan banner di beberapa titik guna menyambut arus mudik Lebaran tahun ini.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kulonprogo, Sukirno mengatakan bahwa di daerah Glaeng, jawatannya akan memasang portal. “Kami akan lakukan pemasangan rambu-rambu dan banner di beberapa titik yang akan dilakukan pengalihan arus. Jadi di Glaeng akan kami pasang portal untuk kendaraan angkutan agar tidak melewati Glagah,” kata Sukirno dihubungi pada Kamis (30/3/2023).

Advertisement

Sukirno menambahkan bahwa kendaraan-kendaraan yang berasal dari arah Barat jalur jalan lintas selatan (JJLS), kendaraan akan diarahkan ke kiri atau utara untuk masuk jalur utama. Begitu pun kendaraan-kendaraan dari arah timur, mereka diarahkan untuk tidak melewati JJLS.

“Kendaraan-kendaraan utamanya angkutan dari arah timur akan kami arahkan ke kanan atau Utara melalui jalur tengah atau Brosot-Toyan,” katanya.

BACA JUGA: Bantul Siapkan Rekayasa Arus Mudik Lebaran 2023, Kendaraan Dilarang Lewat Cinomati

Dia kembali menjelaskan bahwa rambu-rambu akan ditambahkan di titik-titik yang diprediksi terjadi antrian kendaraan. Pemasangan tersebut bersifat situasional dengan tetap berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

Lebih jauh, Sukirno mengatakan Dishub akan meningkatkan pemantauan lampu APILL menjelang Lebaran. Sedangkan ketika lebaran, pemantauan dilakukan selama 24 jam terlebih menurutnya, mudik tahun ini berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya. Dishub memprediksi terdapat lonjakan kendaraan yang akan masuk ke Kulonprogo.

Sukirno mengimbau agar para pemudik dapat menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi selain roda dua. Dengan begitu risiko kencelakaan yang kerap menimpa pengendara roda dua dapat diminimalkan.

Selain itu, Dishub akan melakukan ramp check kendaraan angkutan umum pada pekan pertama April 2023.  

Kepala UPT Pengelolaan Jalan Penerangan Jalan Dishub Kulonprogo, Iswanta mengatakan pemeliharaan lampu penerangan jalan umum (PJU) selalu dilakukan sepanjang tahun.

“Hanya saja selama dua minggu ke depan, perbaikan atau pemeliharaan lampu PJU yang berada di tiang tinggi tidak dapat segera dilakukan. Soalnya truk crane kami sedang diperbaiki,” kata Iswanta dihubungi pada Kamis (30/3/2023).

Kendati demikian, Iswanta menegaskan akan mengejar perbaikan truk crane agar segera dapat digunakan apabila terjadi kerusakan PJU. Katanya, paling tidak truk crane tersebut dapat digunakan untuk meng-handle di jalur-jalur utama mudik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

RUU Daerah Khusus Jakarta Sah Dibawa ke Sidang Paripurna

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement