Advertisement

Siklon Tropis Herman! BMKG Peringatkan Warga Wilayah Kulonprogo Bagian Utara

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 31 Maret 2023 - 17:47 WIB
Bhekti Suryani
Siklon Tropis Herman! BMKG Peringatkan Warga Wilayah Kulonprogo Bagian Utara Ilustrasi angin kencang. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Yogyakarta meminta warga Kulonprogo bagian Utara untuk waspada terkait dampak siklon tropis Herman yang memiliki kecepatan angin hingga 55 Knot atau 100 kilometer/jam.

Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta, Warjono mengatakan siklon tropis Herman tersebut terpantau melalui bagian barat daya Pulau Jawa yang mengakibatkan terjadinya pola konvergensi serta pelambatan udara di wilayah Jawa dan DIY.

Advertisement

“Dengan begitu suplai udara di wilayah Jawa meningkat. Peningkatan itu menyebabkan aktivitas awan konvektif relatif meningkat. Hal ini lah yang memengaruhi terjadinya beberapa kondisi cuaca yang cukup ekstrem di wilayah Jawa dan DIY,” kata Warjono dihubungi pada Jumat (31/3/2023).

Karena itu, BMKG memperingatkan potensi cuaca tiga hari ke depan di DIY. Katanya, pada 2 April 2023, potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang melanda Kulonprogo bagian Utara dan di kabupaten/kota lain di DIY. Sedangkan pada 3 April 2023, potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang masih akan melanda Kulonprogo bagian Utara.

Lebih jauh, Warjono menjelaskan siklon tropis Herman memberikan dampak tidak langsung khususnya terhadap DIY dalam 24 jam ke depan seperti tinggi gelombang 4.0 – 6.0 meter di Perairan Samudera Hindia Selatan DIY. Karena itu Warjono meminta nelayan untuk berkoordinasi dengan pihak terkait dan jika memungkinkan tidak melaut dalam 24 jam ke depan.

BACA JUGA: Petugas Temukan Daging Sapi Busuk Satu Lemari Penuh di Pasar Kulonprogo

“Kami mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Silakan mengambil langkah-langkah mitigasi untuk mengurangi risiko dampak susulan dengan memangkas dahan-dahan pohon yang berpotensi tumbang,” katanya.

Warjono juga mengimbau agar salurah air atau selokan yang tersumbat dapat dibersihkan. Apabila cuaca hujan ekstem disertai petir, masyarakat diminta menghindari berteduh di bawah pohon atau baliho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PDIP Sebut PKS Bermain Aman dengan Mengusung Khofifah-Emil di Pilkada 2024

News
| Jum'at, 19 Juli 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement