Advertisement

DIY Menduduki Peringkat Pertama Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan

Triyo Handoko
Senin, 03 April 2023 - 13:17 WIB
Sunartono
DIY Menduduki Peringkat Pertama Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. - IST

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan (IDSDB) menempatkan DIY sebagai peringkat pertama dalam pilar tata kelola pemerintahan berkelanjutan. Skor DIY menempati posisi puncak dengan nilai 77,93 dimana lebih unggul dari Kalimantan Barat dan Bali.

Indikator penilaian IDSDB pilar tata kelola pemerintahan yang menempatkan DIY sebagai peringkat pertama tersebut antara lain akuntabilitas aktor, transparansi sistem, hingga partisipasi publik dalam pembuatan kebijakan. IDSDB bertujuan mengukur capaian keberhasilan daerah dalam penguatan daya saing secara berkelanjutan dimana indeks tersebut disusun secara independen oleh Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah.

Advertisement

BACA JUGA : DIY Borong Penghargaan, Raih Sakip Predikat AA .

Pejabat Sekda DIY Wiyos Santosa menjelaskan keberhasilan DIY dalam IDSDB menunjukan kinerja Pemda DIY sudah teruji secara sistem pemerintahannya. Hasil indeks 2022 tersebut tidak mengejutkan karena dalam banyak penghargaan Pemda DIY memang sudah banyak berprestasi, misalnya soal transparansi aktor pemerintahan juga posisi teratas. “Dalam reformasi birokrasi kami mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian 13 kali berturut-turut,” jelasnya, Minggu (2/4/2023).

Wiyos menyebut secara otonomi daerah DIY berhasil menciptakan sistem dan tata kelola yang akuntabel dan transparan. Partisipasi publik dalam perumusan kebijakan di Pemda DIY secara nasional juga cukup tinggi, artinya secara sistem sudah mapan dengan hasil yang baik.

Sistem pemerintahan yang mapan tersebut, jelas Wiyos, perlu didukung oleh aktor-aktor pejabat publik yang mumpuni. “Kalau sistemnya sudah baik tinggal yang menjalankan harusnya bisa baik, besar harapan Sekda baru nanti yang terpilih bisa melanjutkan pemerintahan tersebut bersama membantu Gubernur,” terangnya.

BACA JUGA : Pemda DIY Raih Penghargaan PR Indonesia Awards 2023

IDSDB memiliki tiga pilar lain, jelas Wiyos, yaitu pilar lingkungan lestari, ekonomi berkelanjutan, dan inklusi sosial. “Pemda DIY baru unggul di tata kelola pemerintahannya, kedepan tiga pilar lain harus bisa dicapai dengan baik,” ujarnya.

Invasi kebijakan dan layanan publik, lanjut Wiyos, jadi kunci memperbaiki tiga pilar lain tersebut. “Harapannya Sekda baru yang nantinya terpilih ini bisa memberikan inovasi-inovasi untuk mengimbangi pilar lain dalam indeks tersebut karena tiga pilar lain itu juga penting sebagai acuan untuk pembangunan DIY yang lebih berkelanjutan,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Terbaru! Paspor Elektronik Bisa Diajukan di 102 Kantor Imigrasi Se-Indonesia

News
| Minggu, 24 September 2023, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Destinasi Unik, Kuil Buddha Ini Dibangun dengan Jutaan Botol Bir

Wisata
| Sabtu, 23 September 2023, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement