Advertisement

Pengusaha PO Bus AKAP di Terminal Dhaksinarga Pastikan Ada Tuslah, Kapan Diterapkan?

David Kurniawan
Senin, 03 April 2023 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Pengusaha PO Bus AKAP di Terminal Dhaksinarga Pastikan Ada Tuslah, Kapan Diterapkan? Ilustrasi suasana Terminal Dhaksinarga, Wonosari. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Tarif tiket untuk bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Dhaksinarga, Kalurahan Selang, Wonosari masih belum naik. Adapun kenaikan tarif (tuslah) yang bertepatan dengan Hari Raya Idulfitri masih menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat.

Koordinator Agen PO Pandawa, Rihas Murwanto mengatakan belum ada kebijakan kenaikan angkutan armada Lebaran pada saat sekarang. Dia tidak menampik akan ada kenaikan, tetapi keputusan masih menunggu kebijakan dari pemerintah. “Masih tarif normal yang berlaku,” katanya saat ditemui di area Terminal Dhaksinarga, Senin (3/4/2023).

Advertisement

Dia menjelaskan, untuk tarif tujuan Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan Tanggerang (Jabodetabek) di kelas AC VIP dipatok di kisaran Rp220.000 per kursinya. Adapun kelas eksekutif dipatok di kisaran Rp275.000 per kursinya. “Belum ada kenaikan. Mungkin H-7 lebaran baru naik,” katanya.

BACA JUGA: Harga Tiket Bus di Jogja Naik Saat Lebaran, Segini Harganya

Meski demikian, Rihas mengakui kenaikan pada saat mudik tidak akan dirasakan oleh agen penjual bus. Pasalnya, Terminal Dhaksinarga merupakan tujuan bagi pemudik sehingga aktivitas penjualan baru terasa pada saat arus balik. “Kalau mudik kebanyakan yang datang. Sedangkan penumpang yang ke luar daerah hampir tidak ada,” katanya.

Untuk tarif di arus balik, ia memastikan ada kenaikan sesuai dengan kebijakan dari Pemerintah Pusat tentang batas atas dan batas bawah tariff selama periode Lebaran. Hingga sekarang, belum ada kebijakan berkaitan dengan tarif angkutan Lebaran.

Meski demikian, Rihas berpendapat kenaikan bisa mencapai dua kali lipat dibandingkan dengan hari normal. Dia mencontohkan, tahun lalu tarif normal di kisaran Rp190.000 per orang untuk kelas AC, tetapi pada saat arus balik per kursinya bisa mencapai Rp430.000 per penumpang.

“Memang ketentuan harga untuk tiket balik belum ada, tetapi sudah ada yang memesan kursi, meski jumlahnya belum banyak. Untuk harga sudah ada kesepakatan disesuaikan dengan tarif yang diberlakukan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement