Advertisement

Masjid Kebondalem Sedayu Diusulkan Jadi Cagar Budaya, Begini Respons Pemkab

Yosef Leon
Selasa, 04 April 2023 - 14:37 WIB
Arief Junianto
Masjid Kebondalem Sedayu Diusulkan Jadi Cagar Budaya, Begini Respons Pemkab Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Bantul, Nugroho Eko Setyanto. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Warga di Kalurahan Argomulyo, Kapanewon Sedayu mengajukan Masjid Kebondalem yang ada di wilayahnya untuk ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya. Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Bantul mengaku tengah mengkaji pengajuan tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Bantul, Nugroho Eko Setyanto mengatakan, masjid Kebondalem masih berstatus sebagai usulan bangunan cagar budaya. Pihaknya telah memproses pengakuan tersebut dan menerjunkan tim ahli untuk memprosesnya.

Advertisement

"Masjid Kebondalem baru diusulkan oleh warga di sana, makanya setelah diusulkan kita lihat benar-benar cagar budaya atau bukan. Belum ditetapkan, karena sifatnya masih usulan," kata Nugroho, Selasa (4/3/2023).

Nugroho menyebut ada sejumlah klasifikasi terhadap sebuah cagar budaya. Bentuknya bisa berupa gedung, situs, kawasan, benda, struktur dan lain sebagainya.

BACA JUGA: 2 Cagar Budaya di Kulonprogo Bakal Terkena Proyek Tol Jogja YIA

Masyarakat boleh mengajukan sesuatu yang dinilai punya nilai sejarah dan dianggap penting bagi pelestarian kebudayaan untuk ditetapkan sebagai sebuah cagar budaya.

"Syaratnya minimal usia 50 tahun. Juga harus punya manfaat terhadap seni budaya, pendidikan, agama dan lainnya. Kalau hanya dari sisi usia belum tentu bisa ditetapkan," kata dia.

Kepala Seksi Warisan Budaya Benda Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Bantul, Elfi Wachid Nur Rachman menyebut pengajuan masjid Kebondalem untuk ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya bersifat penting.

Pasalnya masjid itu disinyalir bakal terdampak pembangunan jalan tol yang rencananya akan melintasi wilayah Sedayu. "Itu sifatnya urgen seperti masjid itu untuk penambahan bangunan cagar budaya. Kami sudah berproses dan melengkapi dan telaah lebih lanjut apakah itu layak jadi cagar budaya, karena spesifikasi yang dimiliki. 2020 pernah kami survei dan ada yang diubah. Kami akan mengkaji secara objektif," kata Elfi.

Setiap tahunnya, kata dia, Kabupaten Bantul menetapkan sebanyak 20 cagar budaya baru. Sekarang tercatat ada sebanyak 272 warisan budaya baik berupa benda, bangunan, struktur dan yang lain serta 169 yang sudah ditetapkan sebagai cagar budaya.

Adapun proses penetapan cagar budaya melibatkan tim ahli dari para akademisi. "Ditelaah oleh tim ahli cagar budaya kemudian ditetapkan berdasarkan SK bupati," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Hartato Sebut Jokowi Milik Bangsa dan Semua Partai

News
| Rabu, 24 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement