Advertisement

Lalu Lintas Penerbangan di YIA Sedikit demi Sedikit Mulai Memadat

Andreas Yuda Pramono
Sabtu, 08 April 2023 - 05:57 WIB
Arief Junianto
Lalu Lintas Penerbangan di YIA Sedikit demi Sedikit Mulai Memadat Ilustrasi YIA. - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kendati masih landai, lalu lintas penumpang di Yogyakarta International Airport (YIA) perlahan menunjukkan grafik peningkatan.

Senior Manager Operasional, Pelayanan, dan Keamanan Bandara YIA, Misranedi membenarkan bahwa situasi lalu lintas penumpang di YIA masih landai. Kendati demikian, dia mencatat bahwa terdapat kenaikan lalu lintas penumpang per Kamis (6/4/2023). “Situasi di terminal kedatangan sendiri masih landai. Tapi terdapat kenaikan penumpang per Kamis kemarin [6 April 2023],” kata Misranedi, Jumat (7/4/2024).

Advertisement

Mengacu pada data pergerakan penumpang datang dan berangkat di YIA pada Rabu (5/4/2023), terdapat sebanyak 6.944 orang. Angka tersebut mengalami kenaikan pada Kamis yang menyentuh angka 7.652 orang. “Terdapat kenaikan 708 orang selama dua hari tersebut. Kebanyakan memang penumpang dari Jakarta. Mereka masih mendominasi penerbangan yang menuju ke DIY,” katanya.

BACA JUGA: Terbaru! Ada Layanan KA Bandara YIA Xpress, Perjalanan Lebih Patas

Tidak hanya itu, Misranedi menegaskan bahwa pada Jumat hingga pukul 17.00 WIB terdapat 7.515 orang yang datang dan pergi dari YIA. “Jumlah penumpang datan dan pergi mengacu pada reservasi yang sudah dilakukan untuk hari ini itu akan ada 8.535 orang,” ucapnya.

Sebelumnya, Misranedi menjelaskan bahwa lonjakan penumpang baru akan terjadi pada Selasa 18 April 2023. Menyusul prediksi lonjakan penumpang tersebut, maka posko terpadu angkutan lebaran di YIA akan didirikan pada Sabtu 15 April hingga 1 Mei 2023.

“Posko tersebut untuk memantau kelancaran pergerakan penumpang yang melewati bandara. Jika ada kendala operasional di pos ini bersama-sama dengan pemangku kepentingan seperti maskapai dan darat untuk diselesaikan bersama. Jabatan tersebut nantinya akan diisi oleh internal Angkasa Pura I dan jabatan terkait. Kami juga akan menyiapkan posko-posko tertentu di beberapa titik," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mensesneg Diminta Segera Merampungkan Dokumen Keppres IKN Sebelum Pelantikan Prabowo-Gibran

News
| Senin, 22 Juli 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement