Advertisement

Akhirnya, Pemkot Jogja Batalkan Rencana Pembangunan TPST di Gunungkidul

Triyo Handoko
Selasa, 11 April 2023 - 15:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Akhirnya, Pemkot Jogja Batalkan Rencana Pembangunan TPST di Gunungkidul Beberapa gerobak sampah berjejer di depan depo pembuangan sampah sementara di samping Stadion Mandala Krida, Umbulharjo, Jogja, Senin (9/5/2022). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Rencana pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) oleh Pemkot Jogja di Gunungkidul dibatalkan. Pembatalan karena berbagai aspek, terutama sosial masyarakat di lokasi pembangunan TPST yang belum menerima sepenuhnya.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jogja menilai aspek anggaran dan transportasi juga menjadi sebab pembatalan pembangunan TPST di Gunungkidul. “Secara anggaran, pengadaan tanah ternyata cukup besar juga sehingga memberatkan anggaran,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan DLH Jogja, Ahmad Haryoko, pada Selasa (11/4/2023).

Advertisement

Haryoko membeberkan, jarak Gunungkidul dan Kota Jogja juga jadi alasan pembatalan rencana tersebut. “Jaraknya jauh juga, perhitungan kami butuh waktu dua jam perjalanan, karena harus lewat pinggiran Wonosari yang lebih memutar karena angkutan sampah,” jelasnya.

Warga sekitar di rencana lokasi pembangunan TPST, jelas Haryoko, juga belum sepenuhnya mendukung. “Aspek sosial ini bagi kami yang paling penting, tanpa penerimaan yang baik tentu kemungkinan ke depan ada masalah. Ini jadi point penting agar dihindari,” katanya.

Kini prioritas Pemkot Jogja, lanjut Haryoko, mengurangi produksi sampah yang dibawa ke TPST Piyungan. “Sejak tahun ini gerakan dan upaya pengendalian sampah yang sudah kami lakukan. Hasilnya ada penurunan [volume] sebanyak 53 ton sampah perhari, dari sebelumnya 282 ton tiap hari ke TPST Piyungan sekarang jadi 230 ton,” ujarnya.

Haryoko menargetkan pada September mendatang produksi sampah Kota Jogja yang diangkut ke TPST Piyungan di bawah 200 ton perhari. “Ke depan kami menyesuaikan kapasitas TPST Piyungan juga karena perhari maksimal masuk 500 ton untuk Bantul, Jogja, dan Sleman. Kami diberi kapasitas 200 ton saja, lalu Sleman juga 200 ton, dan Bantul 100 ton, ini yang kami prioritaskan,” terangnya.

Target 200 ton perhari, sambung Haryoko, untuk Jogja cukup realistis. “Kami optimis bisa memanfaatkan itu, buktinya sudah kami lakukan dari Januari sampai April ini, kami juga himbau masyarakat Jogja untuk berpartisipasi dengan upaya-upaya yang sudah kami susun bersama dari pemilahan sampah sampai tidak membuang sampah anorganik,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement