Advertisement

Kembangkan Pansela, Pemda DIY Siapkan Sentra UKM Seluas 200 Hektare

Stefani Yulindriani Ria S. R
Rabu, 12 April 2023 - 08:27 WIB
Arief Junianto
Kembangkan Pansela, Pemda DIY Siapkan Sentra UKM Seluas 200 Hektare Ilustrasi kawasan pantai selatan. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJADIY berupaya untuk menata kawasan pantai selatan (Pansela), untuk itu Pemkab Bantul diminta mempersiapkan master plan. Sentra UKM akan dibangun di tanah Sultan Grund (SG) seluas sekitar 200 hektare.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) DIY, Krido Suprayitno menyampaikan pengembangan kawasan Pansela selaras dengan arahan Gubernur DIY Sri Sultan HB X terkait dengan pembangunan di wilayah selatan DIY.

Advertisement

Dia pun menyampaikan di sekitar Pansela, status tanah didominasi tanah Sultan Grond. Dia menyebut salah satunya, tanah dengan luas sekitar 200 hektare yang saat ini digunakan PT Awani Modern Indonesia dengan Hak Guna Bangunan (HGB). Perusahaan tersebut mendapatkan izin berupa Hak Guna Bangunan (HGB) di atas tanah SG yang terletak sekitar Laguna Opak selama 40 tahun, yang akan habis pada 2026.

Krido menyampaikan perusahaan tersebut sempat terseret kasus hukum yang menyebabkan gedung perusahaan tersebut mangkrak.

“Ya ada beberapa bangunan yang mangkrak, sebagian besar tanahnya kosong. Ya bahasa kami ada indikasi menelantarkan, tetapi karena ada HGB ya kami tunggu masa HGB-nya habis. Itulah sebabnya, kami harapkan HGB tidak diperpanjang karena kalau tidak diperpanjang, maka status tanahnya balik ke pemilik tanah. Asal usulnya tanah itu kan dari kasultanan,” ucapnya.

Menurut Krido, mangkraknya gedung tersebut pun merugikan karena menyebabkan tanah tersebut tidak dapat dikelola dengan optimal. 

Krido menyampaikan di atas tanah tersebut, nantinya akan dibangun sentra pengembangan UKM. Tempat tersebut pun akan dirancang dengan sistem manajemen yang modern. Dia berharap tempat tersebut dapat mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Krido pembangunan sentra UKM tersebut pun akan terpadu dengan pengembangan kawasan sekitar Pansela. Krido menyampaikan penembangan Pansela antara lain kawasan di Pantai Depok, Parangtritis, serta Samas di Kabupaten Bantul agar menjadi kawasan terpadu.

Dia pun menyebut Sultan berpesan agar manajemen yang ada di Pansela perlu ditata kembali agar dapat mendukung pengembangan wilayah tersebut. Sejumlah fasilitas umum di sejumlah pantai seperti toilet pun diharapkan dapat dilakukan perbaikan.

Untuk itu, menurut Krido, Sultan memberikan arahan secara langsung kepada Bupati Bantul Abdul Halim Muslih agar segera menyiapkan master plan yang mengacu pada Rencana Detail Tata Ruang (RDTM) Pansela Bantul. RDTM tersebut pun harus sinkron dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) DIY.

Pengembangan kawasan Pansela sebagai kawasan wisata, menurut Krido harus mengedepankan aspek lingkungan. “Disitu melihat adanya berbagai aturan-aturan yang harus dipenuhi, sehingga perlu adanya studi khusus entah itu studi khusus mengenai hidro, studi khusus mengenai berkaitan dengan tanahnya, sampai ke studi khusus mengenai angin,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 12 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Palestina Kecam Veto AS Soal Keanggotaan Penuh di PBB

News
| Jum'at, 19 April 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement