Advertisement

Waspada! Gelombang Laut Selatan Diprediksi Capai 6 Meter

Ujang Hasanudin
Minggu, 16 April 2023 - 14:27 WIB
Sunartono
Waspada! Gelombang Laut Selatan Diprediksi Capai 6 Meter Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULBadan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DIY memprediksi gelombang tinggi 4-6 meter melanda laut selatan Bantul sejak 15 April hingga 17 April besok. Nelayan setempat pun terpaksa tidak melaut.

Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG DIY, Etik Setyaningrum mengatakan prakiraan gelombang tinggi terjadi sejak 15 April pukul 19.00 WIB sampai 17 April pukul 19.00 WIB di laut selatan DIY, termasuk Bantul.

Advertisement

Kategori gelombang sangat tinggi, yakni 4-6 meter dengan kecepatan angin barat daya-barat laut 2-15 knot. “Diimbau kepada masyarakat yang tinggal maupun beraktivitas di pesisir selatan DIY untuk selalu waspada,” katanya, saat dihubungi Minggu (16/4/2023).

BACA JUGA : Potensi Gelombang Tinggi Masih Terjadi di DIY 

Salah satu nelayan Pantai Samas, Hadi mengaku sudah tidak melaut sejak beberapa hari lalu karena adanya gelombang tinggi. Ia bahkan memperkirakan gelombang tinggi masih terjadi sampai lebaran mendatang. “Prakiraan cuaca, gelombang pasang terjadi hingga H+2 lebaran, praktis nelayan di Pantai Samas paceklik rezeki,” katanya.

Hadi mengaku satu pekan yang lalu nelayan masih bisa melaut namun hasilnya juga tak bisa diharapkan. Hanya nelayan yang memiliki jaring kanyut atau jaring untuk menangkap udang laut atau jerbung yang masih mendapatkan tangkapan udang.

Namun demikian hanya beberapa nelayan yang memiliki jaring kanyut. Kondisi gelombang laut yang tak bersahabat ini menyebabkan Hadi memilih untuk menggarap lahan pertanian yang dimilikinya, namun tanaman yang saat ini ditanam belum panen jelang lebaran mendatang. “Ada tanaman kacang di lahan pasir namun belum musimnya panen jelang lebaran ini,” ujarnya.

BACA JUGA : BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi

Nelayan lainnya di Pantai Samas, Sapon juga mengaku lebaran tahun ini memprihatinkan karena hampir dua pekan dirinya tidak melaut bahkan sampai lebaran diperkirakan juga belum bisa melaut akibat gelombang tinggi. Sehingga dirinya tidak memiliki penghasilan sama sekali.

“Enggak punya uang. Melaut saja tidak bisa. Bagimana mau pulang kampung menemui cucu,” ucapnya.

Padahal sebelumnya ia sudah menjadwalkan untuk pulang kampung di Cilacap, Jawa Tengah untuk menemui cucu. Namun dengan kondisi saat ini yang tidak memiliki penghasilan ia memilih mengurungkan niatnya pulang kampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement