Advertisement

Rayah Gunungan Garebeg agar Beroleh Berkah

Stefani Yulindriani Ria S. R
Sabtu, 22 April 2023 - 16:27 WIB
Sugeng Pranyoto
Rayah Gunungan Garebeg agar Beroleh Berkah Masyarakat merayah gunungan di Masjid Gedhe Kauman, Kota Jogja. (Dok. Ist)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJASetelah tiga tahun tidak berlangsung karena pandemi Covid-19, Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menyelenggarakan Garebeg Syawal yang dapat diikuti masyarakat.

Prosesi tersebut merupakan wujud syukur dan kasih Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan HB X kepada masyarakat.

Advertisement

Salah satu warga Kampung Kauman, Tami, mengatakan telah menantikan prosesi gunungan tersebut. Setiap tahunnya, dia bersama keluarganya pun tak pernah absen mengikuti prosesi tersebut. Dia percaya dengan merayah gunungan tersebut, maka dia akan mendapatkan berkah. “Ini dapat berkah, katanya bisa dapat rezeki, bisa menyembuhkan sakit,” katanya.

Penghageng Kawedanan Hageng Punokawan (KHP) Parasraya Budaya Kraton Ngayogyakarta, GKR Maduretno, menyampaikan setiap Idulfitri, Kraton selalu menyelenggarakan Garebeg Syawal. Namun, saat pandemi, garebeg diselenggarakan secara terbatas. 

Mulai tahun ini, Kraton kembali melaksanakan Garebeg Syawal pada Sabtu, 22 April 2023 atau 1 Syawal tahun Ehe 1956. Sebagaimana biasanya dengan iring-iringan prajurit dan gunungan,” katanya.

Dia menyampaikan ada tujuh gunungan yang dapat diperebutkan masyarakat yang tersebar di Masjid Gedhe Kauman, Pura Pakualaman, dan kompleks Kepatihan. 

Kami harap masyarakat dapat merayah gunungan setelah gunungan tersebut selesai didoakan,” ucapnya. 

Sebelum Garebeg Syawal diselenggarakan, telah dilakukan prosesi numplak wajik, dan gladi resik prajurit. Setelah grebeg syawal dilakukan pula prosesi ngabekten di Kraton Jogja yang diselenggarakan secara terbatas. 



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement