Advertisement

Lebaran, Arus Lalu Lintas di Sedayu Bantul Ramai Lancar

Yosef Leon
Sabtu, 22 April 2023 - 18:27 WIB
Sugeng Pranyoto
Lebaran, Arus Lalu Lintas di Sedayu Bantul Ramai Lancar Suasana kepadatan lalu lintas di Jalan Jogja-Wates Sedayu Bantul pada Sabtu (22/4 - 2023) (email)

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Kondisi arus lalu lintas jalan Jogja-Wates tepatnya di Pos PAM Sedayu Bantul terlihat lebih padat dari hari biasanya. Kepadatan lalu lintas didominasi oleh kendaraan roda empat pada Lebaran ini.

Berdasarkan pantauan di lapangan pada Sabtu (22/4/2023) sore situasi lalu lintas kendaraan dari arah barat tampak ramai. Kendaraan didominasi oleh pelat luar kota. Sedangkan dari jalur sebaliknya juga terjadi kepadatan tetapi tidak signifikan. Diketahui Jalan Jogja-Wates menjadi salah satu jalur pemudik dari wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Advertisement

Kepala Pos Pengamanan (Kapospam) Sedayu, AKP Sarijan, mengatakan kepadatan arus lalu lintas sudah terjadi sejak Rabu (19/4/2023) lalu.

"Untuk kepadatan arus lalu lintas sudah mulai terjadi sejak hari Rabu pukul 14.00 WIB. Kendaraan yang melintas lebih ramai dari biasanya," ujarnya.

Ia memperkirakan kepadatan arus lalu lintas akan berlangsung hingga 23 April 2023 mendatang. Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan, pihaknya sudah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas di mana petugas akan disiagakan untuk mengatur lalu lintas secara manual.

"Apabila terjadi kemacetan untuk traffic light di simpang tiga Klangon tidak akan kita gunakan, tetapi nanti kita akan atur kendaraan secara manual untuk kendaraan dari arah barat. Sedangkan untuk kendaraan dari arah timur akan kita alihkan menuju selatan masuk ke wilayah Bantul," jelasnya.

Sedikitnya 32 petugas dari unsur TNI, Polri, PMI dan sukarelawan siaga selama 24 jam penuh untuk membantu kelancaran arus lalu lintas. Sarijan menyampaikan bagi para pemudik yang membutuhkan bantuan medis maupun sekadar beristirahat bisa memanfaatkan fasilitas pos tersebut.

"Kita juga siagakan dua unit ambulans apabila terjadi kegawatdaruratan. Kita akan stand by 24 jam. Untuk pos akan dibuka hingga tanggal 1 Mei 2023 mendatang," katanya.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan menyebut puncak arus mudik sudah berlangsung pada H-2 dan H-1 kemarin. Peningkatan kendaraan sudah terlihat walaupun belum terlalu signifikan. Sementara untuk aktivitas pariwisata diperkirakan akan mencapai puncak pada H+2 Lebaran mendatang. "Titik yang sudah ramai di Ring Road karena merupakan arus mudik kemudian di Ketandan karena banyak mau ke Gunungkidul dan juga Sedayu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

1.119 WNI Berhasil Dipulangkan ke Tanah Air dari Zona Konflik hingga Bencana Alam

News
| Sabtu, 27 April 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement