Advertisement

Organisasi Pemuda Gereja Ikut Jaga Salat Id di Alun-alun Wates

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 23 April 2023 - 14:07 WIB
Sugeng Pranyoto
Organisasi Pemuda Gereja Ikut Jaga Salat Id di Alun-alun Wates Organisasi Pemuda Gereja ikut menjaga Salat Id di Alun/Alun Wates./ Ist

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Organisasi pemuda gereja baik Katolik maupun Kristen ikut menjaga Salat Id di Alun-Alun Wates, Jumat (21/4/2023)
Perwakilan OMK Paroki Wates, Dominikus Kristiyanto, mengatakan bahwa pengamanan tersebut selalu mereka lakukan setiap tahun.
"Tiap tahun kami selalu ikut mengamankan ibadah Salat Id. Sebenarnya tidak hanya itu. Hari-hari besar keagamaan kami juga terlibat dalam pengamanan. Ikut membantu lah. Seperti hari Jumat lalu ketika umat Islam Muhammadiyah melakukan Salat Id di Alun-Alun Wates kami juga mengatur parkir kendaraan," kata Dominikus dihubungi pada Minggu (23/4/2023).
Dominikus menambahkan bahwa ada sekitar 40 orang dari OMK Paroki Wates yang turun dalam membantu mengamankan Salat Id. Katanya, jemaah Salat Id menyambut baik bantuan tersebut.
Sementara itu, Pengurus Komisi Pemuda dan Remaja (Kompa), Daniel Alfanito Setyawan mengatakan bahwa Kompa juga ikut pengamanan Salat Id di Alun-alun Wates.
"Kami kemarin itu mengamankan di sisi Timur dan Selatan SD Percobaan, Timur Kodim, dan sisi Barat Media Center. Halaman gereja kami juga kami siapkan untuk tempat parkir bagi jemaah Salat Id," katanya.
Mantan Ketua Kompa ini mengatakan pengamanan tersebut merupakan agenda rutin ketika umat Islam melakukan Salat Id di Alun-Alun Wates.
"Aksi yang kami lakukan ini murni berasal dari ketulusan hati kami di mana kami ingin membantu saudara-saudari kami di hari spesial keagamaan mereka, sehingga mereka dapat beribadah dengan nyaman dan aman seperti tahun-tahun sebelumnya. Semoga aksi yang kami lakukan ini dapat menjadi salah satu contoh kecil penerapan nilai-nilai Pancasila yang mulai tergerus di era perkembangan zaman serta menjadi salah satu aksi pemupukan kerukunan antarumat beragama di Kuloprogo khususnya," ucapnya.
Di lain pihak, Kasi Humas Polres Kulonprogo, Iptu Triatmi Noviartuti mengatakan bahwa bersama pemuda gereja, polisi juga mengamankan lokasi Salat Id seperti di Alun-alun Wates, Karangsari dan Demangrejo, Kapanewon Pengasih, dan Kalibawang.
"Dari Gereja Katolik kemarin dikoordinatori oleh Edi Sujatmiko, sedangkan yang Kristen menurut informasi dari Pendeta Martinus Dwi Anggaran dari GKJ Wates ada 16 pemuda yang bergabung. Kata Pendeta itu, kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang sudah dilakukan dari beberapa tahun sebelumnya. Pemuda Kristen juga memakai kaus yang bertuliskan 'aku kancamu' yang melatarbelakangi para pemuda gereja dalam membangun semangat toleransi, saling menghormati, mengasihi, dan secara khusus diwujudkan dengan memberikan kasih dalam wujud sederhana yaitu memarkir kendaraan dalam ibadah Salat Id," kata Noviartuti dihubungi pada Minggu (23/4/2023).
Sementara ketika Salat Id pada hari Sabtu 22 April 2023, Noviartuti mengatakan pemuda Gereja Promasan juga aktif membantu pengamanan dan parkir jemaah Salat Id di Halaman Masjid Sultan Agung Kalibawang.
Seusai Salat Id di Masjid Sultan Agung tersebut, takmir masjid bernama Subadri mengucapkan terima kasih atas bantuan dari pemuda Gereja Promasan dan kepolisian serta pihak lain.
"Sudah sejak lama umat Islam menjalin tali persaudaraan antaragama di Kabupaten Kulonprogo. Tali persaudaraan antarumat beragama di Kabupaten Kulonprogo sangat harmonis. Pihaknya selalu bekerja sama dengan gereja di wilayah ini. Begitupun sebaliknya dapat kita lihat hari ini umat Kristen yang membantu kami," kata Subadri dalam keterangan tertulis.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Izin Tinggal Peralihan Jembatani Proses Transisi Izin Tinggal WNA di RI

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement