Advertisement

Becak Motor di Malioboro Jogja Banyak Diincar Penumpang

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 25 April 2023 - 21:17 WIB
Maya Herawati
Becak Motor di Malioboro Jogja Banyak Diincar Penumpang Pengemudi bentor di sepanjang Jalan Malibooro, Selasa (25/4 - 2023). / ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Selama libur Lebaran, becak motor (bentor) di sepanjang Jalan Malioboro Jogja banyak diincar penumpang. 

Salah satu pengemudi bentor, Paino mengatakan sejak Minggu, (23/4/2023) dia mulai mengalami peningkatan permintaan penumpang. 

Advertisement

“Lebaran ini ramai, banyak pengunjung. Kalau hari biasa bisa narik 2 kali, kalau hari Lebaran ini bisa sampai 3-4 kali,” katanya, Selasa (25/4/2023). 

Banyaknya pengunjung menurutnya membuat Jalan Malioboro Jogja mengalami kepadatan lalu lintas, sehingga membuatnya perlu waktu yang lebih untuk mengantarkan wisatawan. Karena itu, dia pun mematok harga hampir dua kali lipat dari harga biasanya. 

BACA JUGA: Wisata Yogyakarta Hari Ini, Malioboro Ramai Lancar

“Kalau hari biasa tarifnya kalau jauh Rp20-30 ribu, kalau dekat Rp15.000. Lebaran ini untuk jarak jauh tarifnya bisa sampai Rp50.000,” katanya. 

Tarif Rp50.000 dia patok untuk mengantar wisatawan dari Jalan Malioboro hingga ke Terminal Giwangan. Sedangkan, untuk perjalanan dari Malioboro ke Prambanan, dipatok biaya Rp100.000. 

Selama ini dengan tarif tersebut, menurutnya banyak wisatawan dari luar DIY tidak keberatan untuk diantar ke tempat wisata seperti Keraton Jogja, Taman Sari, serta pusat oleh-oleh.  Pengemudi bentor lainnya, Yanto juga mengalami kenaikan penumpang hingga tiga kali lipat dalam tiga hari belakangan. 

Dia pun biasa mengantarkan wisatawan dari luar DIY untuk berkunjung ke sejumlah tempat wisata dan pusat oleh-oleh di sekitar Malioboro Jogja. 

“Biasanya wisatawan luar daerah [minta ke Malioboro Jogja]. Kalau ramai jalannya tarifnya naik, soalnya macet jalannya. Biasanya jarak dekat Rp10.000, jadi Rp20.000,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement