Advertisement

Ratusan Pengunjung Malioboro Ketahuan Langgar Larangan Merokok

Triyo Handoko
Kamis, 27 April 2023 - 16:42 WIB
Budi Cahyana
Ratusan Pengunjung Malioboro Ketahuan Langgar Larangan Merokok Petugas Satpol PP Jogja menegur perokok yang melanggar larangan merokok di Malioboro. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ratusan pengunjung Malioboro kedapatan melanggar aturan kawasan dilarang merokok. Mereka tak dijatuhi sanksi dan hanya diminta tak lagi merokok sembarangan di Malioboro.

Malioboro termasuk kawasan bebas asap rokok Berdasarkan Perda Jogja No.2/2017 tentang Kawasan Tanpa Rokok. “Setiap hari ada puluhan orang kami data karena merokok di Malioboro, kami juga beri pengertian untuk tidak merokok di kawasan tersebut,” kata Kepala Bidang Penegakan Peraturan Satpol PP Jogja, Doddy Kurnianto, pada Kamis (27/4/2023).

Advertisement

Doddy mengatakan patroli yang menyasar perokok di Kawasan Malioboro dilakukan sejak Rabu (19/4/2023). “Kami bikin posko di Kepatihan. Tak hanya saat libur Lebaran, di hari biasa juga ada petugas yang berjaga untuk menegur perokok yang melanggar aturan,” jelasnya.

BACA JUGA: Jogja Tak Seramai Libur Lebaran Tahun Lalu, Ini Penyebabnya

"Malioboro kan kawasan semua orang, termasuk anak-anak, ibu-ibu dan semua kalangan, jadi untuk kenyamanan bersama kami minta perokok menahan aktivitas merokok hingga luar Malioboro,” terangnya.

Kebanyakan perokok yang melanggar aturan tersebut, jelas Doddy, adalah pengunjung yang bari pertama kali ke Malioboro. “Kebanyakan karena tidak tahu ada larangan merokok, lalu kami edukasi secara persuasif agar mereka mematikan rokok dan tak mengulanginya, kebanyakan juga menerima tidak ada yang menyebabkan keributan,” ujarnya.

Tak hanya perokok, sambung Doddy, Satpol PP Jogja juga menagakkan aturan lain. “Pedagang asongan, PKL tak berizin juga kami tegur agar tidak berjalan sesuai aturan yang ada,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TWC Targetkan Wisatawan Candi Borobudur & Prambanan Naik 37% Saat Libur Lebaran

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement