Advertisement

Kepadatan Lalu Lintas Bantul Terjadi di Jalur Wisata

Yosef Leon
Kamis, 27 April 2023 - 18:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kepadatan Lalu Lintas Bantul Terjadi di Jalur Wisata Petugas kepolisian mengatur lalu lintas di sejumlah titik di Bantul mengantisipasi munculnya kemacetan pada masa libur Lebaran. - Harian Jogja/Yosef Leon Pinsker

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul menyebut arus lalu lintas di wilayahnya selama libur Lebaran cukup terkendali meski peningkatan jumlah kendaraan berlangsung cukup signifikan. Titik kepadatan arus hanya terjadi di beberapa titik, tetapi tidak sampai menimbulkan kemacetan panjang. 

Kepala Dishub Kabupaten Bantul Singgih Riyadi menyampaikan, kondisi arus lalu lintas di wilayahnya selama libur Lebaran terbilang ramai lancar. Titik kepadatan arus paling banyak terjadi di jalur menuju destinasi wisata berupa kendaraan roda empat. Jalan Parangtritis termasuk salah satu di antaranya yang menjadi jalur paling padat selama Lebaran. 

Advertisement

"Kalau kita lihat secara umum situasinya cukup lancar. Hanya antrean panjang di beberapa titik saja karena jumlah kendaraan yang bertambah. Misalnya di Jalan Parangtritis dan Jalan Bantul," kata Singgih, Kamis (27/4/2023). 

Menurutnya, petugas telah melakukan serangkaian upaya agar arus kendaraan selalu lancar. Jika dilihat antrean kendaraan di suatu titik terlampau panjang lantaran lampu Alat Pemberi isyarat Lalu Lintas (APILL), maka dilakukan penonaktifan untuk kemudian diatur secara manual. 

Baca juga: PPP Dukung Ganjar, PKS Ajak Partai Lain Gabung ke Anies

"Biasanya kita melakukan upaya seperti itu, karena paling banyak fenomena macetnya akibat lampu APILL," ucapnya. 

Sementara untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan pada arus balik mudik Lebaran, pihaknya akan melakukan patroli dari tanggal 29 April 2023 hingga 1 Mei 2023. Nantinya petugas akan disiagakan di titik-titik yang diprediksi lebih ramai dilalui oleh kendaraan. 

"Kita akan patroli di simpang empat Bakulan, Manding, simpang tiga Tembi, simpang empat Palbapang, Gose dan simpang empat Klodran," ujarnya.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan menyebut petugas tetap siaga di masa arus balik mudik Lebaran 2023 ini. Untuk mencegah kemacetan pihaknya telah memerintahkan personel yang terlibat Operasi Ketupat, ditambah dengan personel staf, untuk siaga dipenggal-penggal jalan sepanjang Jalan Parangtritis untuk mengurai apabila terjadi kemacetan.

"Dari awal libur Lebaran sampai hari ini masih terkondisi dengan baik. Kami fokus di arus lau lintas menuju destinasi wisata salah satunya Pantai Parangtritis yang cukup padat selama Lebaran ini," pungkasnya. 

Petugas masih akan siaga sampai 1 Mei mendatang di sejumlah posko yang telah disiapkan dalam Operasi Ketupat Progo 2023. "Selama 14 hari sampai berakhirnya operasi, kami akan terus bersiaga mengantisipasi lonjakan wisatawan serta arus balik mudik Lebaran,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Digugat Praperadilan di PN Jaksel Oleh Sekjen DPR Indra Iskandar, Ini Kasusnya

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement