Advertisement

Hujan Deras, Sejumlah Titik di Bantul Ini Tergenang Air

Yosef Leon
Senin, 01 Mei 2023 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Hujan Deras, Sejumlah Titik di Bantul Ini Tergenang Air Sejumlah pemukiman terendam banjir akibat hujan dengan intensitas deras di wilayah Bantul, Senin (1/5/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Sejumlah titik di Bantul tergenang air hujan dengan tinggi yang beragam akibat hujan deras yang melanda pada Senin (1/5/2023) sore. 

Manajer Pusdalops BPBD Kabupaten Bantul, Aka Lukluk Firmansyah mengatakan hujan deras dilaporkan dialami sejumlah kapanewon di wilayah setempat dan mengakibatkan banjir dan pohon tumbang. "Rata-rata banjir menggenangi pemukiman dan jalan raya," katanya.

Advertisement

Berdasarkan data sementara yang dihimpun BPBD Kabupaten Bantul wilayah yang terendam banjir yakni di Jalan Ring Road Selatan, Jejeran RT 1 dan 4 Wonokromo, Pleret, dan Dongkelan RT 8 Panggungharjo, Sewon. "Yang di Jejeran, ketinggian sekitar 40 sentimeter. Banjir akibat luapan Sungai Mbelik," jelasnya.

BACA JUGA: Antisipasi Banjir Wisatawan, 12 Kantong Parkir Disiapkan di Sekitar Malioboro

Sejumlah ruas jalan di wilayah setempat pun sempat mengalami kemacetan lantaran tergenang air hujan. Sementara pemukiman warga yang terendam banjir perlahan-lahan mulai surut. 

"Ada juga pohon tumbang mengenai atap rumah di Panggungharjo dan menimpa pekarangan di Bangunharjo. Nihil korban jiwa," katanya. 

Pihaknya mengimbau warga untuk senantiasa waspada di masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau ini lantaran masih berpotensi menimbulkan hujan dengan intensitas sedang dan lebat di wilayah setempat. "Pantau lingkungan masing-masing dan waspadai bencana akibat cuaca ekstrem," ujar dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penjelasan KNKT Terkait Pesawat Jatuh di Lapangan Sunburst Bumi Serpong Damai

News
| Senin, 20 Mei 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menikmati Sendratari dan Pertunjukan Wayang di Jogja

Wisata
| Minggu, 19 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement