Advertisement

Okupansi Hotel Rendah saat Libur Lebaran, Dispar DIY Nilai Aksesibilitas Jalan Jadi Biangnya

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 05 Mei 2023 - 07:57 WIB
Arief Junianto
Okupansi Hotel Rendah saat Libur Lebaran, Dispar DIY Nilai Aksesibilitas Jalan Jadi Biangnya Wisatawan berkunjung ke Ekowisata Sungai Mudal, Kulonprogo. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) DIY, Anita Verawati menilai penyebab dari rendahnya okupansi hotel selama libur Lebaran karena aksesibilitas jalan menuju DIY belum sepenuhnya terhubung dengan baik.

Kemudian, menurutnya, perkembangan destinasi wisata di sekitar DIY yang menjadi pilihan pelengkap destinasi wisata DIY yang masuk DSP Borobudur juga berpengaruh. 

Advertisement

“Masa efektif libur Lebaran yang relatif singkat dan tambahan cuti lebaran yang mendadak sehingga berpengaruh terhadap penjadwalan aktivitas mudik,” katanya. 

BACA JUGA: Kunjungan Wisata ke Bantul Turun Selama Libur Lebaran

Perkembangan tren wisata baru dengan konsep restoran yang menawarkan keindahan pemandangan juga berpengaruh. “Kunjungan wisatawan ke tempat restoran plus view, kuliner khas dan hidden gem lainnya meningkat sekitar 50% dari total kunjungan wisatawan,” ujarnya.

Untuk terus mengupayakan peningkatan wisatawan, Verawati menyampaikan pihaknya terus melakukan pembaharuan produk wisata berbasis budaya dengan konsep quality tourism di DIY. 

Selain itu menurutnya, perlu ada peningkatan pelayanan publik terkait perparkiran, transportasi, keamanan dan kenyamanan wisatawan dan masyarakat serta hospitality atau keramahtamahan di semua ekosistem pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement