Advertisement

Bank Dunia Bakal Tinjau Langsung Pembangunan TPST Modalan di Bantul

Yosef Leon
Jum'at, 05 Mei 2023 - 22:37 WIB
Arief Junianto
Bank Dunia Bakal Tinjau Langsung Pembangunan TPST Modalan di Bantul Ilustrasi sampah di Bantul. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Bank Dunia dijadwalkan akan berkunjung ke Bantul untuk meninjau rencana pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Modalan yang berlokasi di Jalan Ring Road Selatan, Padukuhan Modalan, Kalurahan Banguntapan, Kapanewon Banguntapan. 

Kepala Bappeda Bantul, Fenty Yusdayati menyampaikan kunjungan Bank Dunia itu dalam rangka meninjau program pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana yang anggarannya berasal dari pinjaman lembaga itu. Kunjungan dijadwalkan berlangsung pada 25 Mei mendatang. 

Advertisement

"Itu kan dibangun pakai dana pinjaman dan biasanya pemilik dana mau melihat langsung programnya ke lapangan," kata Fenty Jumat (5/5/2023). 

Adapun anggaran yang dibutuhkan untuk membangun TPST Modalan berkisar di angka Rp22 miliar. Semua anggaran berasal dari pendanaan Bank Dunia kecuali penambahan fasilitas pelengkap yang akan dihadirkan di sana. TPST itu digadang-gadang akan jadi andalan ke depannya dalam sistem pengolahan sampah di Bumi Projotamansari.

BACA JUGA: Sampah Kota Jogja Naik 28 Ton Per Hari Selama Lebaran, Malioboro Penyumbang Terbanyak

Musababnya kapasitas TPST Piyungan diprediksi tidak lagi sanggup menahan beban sampah. "Rencana ke depan memang semua sampah di Bantul tidak lagi dibuang ke Piyungan, akan ada sistem pemilahan terpadu di TPST Modalan, dan dimulai dari kalurahan" jelasnya. 

Sampai saat ini proses pembangunan dan operasional TPST Modalan masih berlangsung. Fenty menyebut Rancang bangun rinci atau Detail Enginering Design (DED) sudah disiapkan oleh Pemkab setempat berikut pula Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL)-nya. "Target kami awal tahun 2024 sudah bisa dimulai," katanya. 

Panewu Banguntapan I Nyoman Gunarsa menjelaskan, pihaknya siap menyambut perwakilan Bank Dunia yang akan berkunjung meninjau pembangunan TPST Modalan yang berlokasi di Banguntapan itu. Lantaran berlokasi di Kapanewon Banguntapan, pihaknya siap mendukung. 

"Kami mendukung ketika itu sudah menjadi kebijakan terkait dengan pengelolaan sampah berbasis masyarakat dan pastinya bisa menjadi solusi terkait persampahan. Masukan dari berbagai pihak karena melewati masyarakat umum sudah disampaikan dalam beberapa forum itu tidak melewati pemukiman truknya," kata dia.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement