Advertisement

Cokrodiningratan Fokus Atasi Stunting Lewat Hasil Tani

Hadid Husaini
Senin, 08 Mei 2023 - 05:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Cokrodiningratan Fokus Atasi Stunting Lewat Hasil Tani Kunjungan Penyeleksi Potensi Pertanian Dinas Pertanian ke Salahsatu Gapoktan di Kelurahan Corodiningratan

Advertisement

Harianjogja.com, JETIS–Kelurahan Cokrodingratan, Jetis, Kota Jogja, mewakili Kota Jogja ke Tingkat Provinsi Dalam Penilaian Penghargaan Teladan Berprestasi Pembangunan Pertanian di Tingkat Provinsi DIY.

Lurah Cokrodiningratan, Andityo Bagus Baskoro menyampaikan Kalurahan Cokrodiningratan mengikuti proses seleksi dengan melibatkan beberapa Gabungan Kelompok Tani oleh Dinas Pertanian DIY. "Untuk Cokrodiningratan diwakili oleh Gapoktan Subur Makmur dari RW 4. Kami bersaing dengan perwakilan dari 5 Gapoktan kabupaten/kota yang ada di seluruh DIY,” ujarnya saat dihubungi Harianjogja.com pada Minggu (7/5/2023).

Advertisement

BACA JUGA: Jangan Lewatkan, Gelar Potensi Pertanian Jogja Diadakan Akhir Pekan Ini

Dia menyebut penilaian dilakukan langsung oleh tim dari Pemda DIY. Tim penilai mengunjungi dan melakukan wawancara langsung dengan Gapoktan. Selain itu salah satu yang menjadi keunggulan dalam pengelolaan pertanian di Cokrodiningratan adalah terukurnya program simpan pinjam untuk pembiayaan pertanian para petani.

"Kami juga pemberdayaan semacam simpan pinjam bagi kelompok tani yang membutuhkan bantuan untuk pertanian. Dana pengelolaan berasal dari bantuan program Kementrian Pertanian," katanya.

Andityo mengatakan, di Cokrodiningratan terdapat 5 Gapoktan dengan berbagai produk makanan seperti Nastar Mocaf, salad sayur dan buah serta produk olahan jamur. "Kami juga memiliki potensi yang lainya seperti budidaya sayur hidroponik yang ada di RW 4 serta budidaya ikan baik nilai maupun lele yang terfokus di RW 3," katanya.

BACA JUGA: Perubahan Iklim, Petani Mulai Tinggallkan Pranata Mangsa

Persoalannya saat ini, katanya, Cokrodiningratan sedang menghadapi masalah stunting. Meskipun jumlahnya masih rendah, lanjutnya, temuan kasus stunting di kalurahan tersebut terus meningkat. "Kami berharap keberadaan Gapoktan dapat memberikan keuntungan secara ekonomis. Kami akan terus membantu mengatasi masalah stunting melalui pemenuhan gizi yang berimbang,” kata Andityo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penetapan Pilpres oleh KPU, Gibran: Nanti Ada Beberapa Pertemuan

News
| Selasa, 23 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement