Advertisement

Wapres Ma'ruf Amin Resmikan Kawasan Pantai Samas Bantul Jadi Kampung Bahari Nusantara

Yosef Leon
Senin, 15 Mei 2023 - 14:37 WIB
Sunartono
Wapres Ma'ruf Amin Resmikan Kawasan Pantai Samas Bantul Jadi Kampung Bahari Nusantara Prajurit Lanal Jogja berinteraksi dengan warga dalam peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) Pantai Samas Bantul pada Senin (15/5/2023). - Harian Jogja/Yosef Leon.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin meresmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN) Pantai Samas Bantul yang dibentuk oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) pada Senin (15/5/2023) melalui Video Confrence. 

KBN merupakan program rutin TNI AL, di mana setiap satuan diharapkan bisa membentuk kampung binaan yang di dalamnya terdapat lima klaster yakni pendidikan, ekonomi, kesehatan, pariwisata dan pertahanan. 

Advertisement

Danlanal Jogja Kolonel Laut (KH/W) Devi Erlita mengatakan, pendirian Rumah Pintar (Rumpin) di Pantai Samas ini merupakan tanda dibentuknya KBN yang didalamnya dilengkapi fasilitas internet, komputer, laptop, buku bacaan, meja kursi dan pengawak. 

BACA JUGA : Permak Wajah, ‎Pantai Samas Dicanangkan Jadi

"Ini merupakan bentuk klaster pendidikan yang bertujuan untuk membantu mencerdaskan masyarakat sekitar pesisir," katanya. 

Pada klaster ekonomi, nantinya Lanal Jogja akan bekerja sama dengan ahlinya dalam melaksanakan pelatihan pengolahan hasil laut menjadi makanan olahan seperti bakso nugget abon ekado, pengolahan makanan dengan bahan dasar mangrove dan lainnya. 

"Untuk klaster kesehatan, kami adakan penyuluhan kesehatan tentang KB, hidup sehat dan penyuluhan stunting serta melengkapi sarana prasarana Posyandu di Rumpin," jelasnya. 

Kemudian klaster pariwisata, Lanal Jogja menggandeng Dinas Pariwisata dan Kalurahan Srigading untuk mengadakan event guna meningkatkan pariwisata Pantai Samas seperti festival layang layang lampion yang akan rutin dilaksanakan setiap tahun.

"Sedangkam klaster pertahanan, Lanal Jogja melaksanakan penyuluhan tentang wawasan kebangsaan dan belanegara kepada masyarakat dan siswa SMK serta pramuka Sakabahari," ucapnya. 

Mengawali peresmian Kampung Bahari Nusantara Samas ini Lanal Yogyakarta menyelenggarakan Bakti Sosial pemeriksaan kesehatan atau pengobatan gratis dan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) bagi masyarakat sekitar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement